Penulis / NIM
ANDRE MUCHLIS / 711521003
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PUBLIK
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Drs. ZUCHRI ABDUSSAMAD, S.I.K., M.Si / 0016026604
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Drs. ABDUL RAHMAN PAKAYA, M.Si / 0020125810
Abstrak
ANDRE MUCHLIS. 711521003. 2022. Kualitas Pelayanan Prima pada UD Tri Jaya Tehnik Kabupaten Gorontalo. Tesis. Program Studi Magister Administrasi Publik Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Zuchri Abdussamad, M.Si. dan Pembimbing II: Dr. Abd. Rahman Pakaya, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis 1) Kualitas pelayanan prima pada UD Tri Jaya Tehnik Kabupaten Gorontalo yang dikaji berdasarkan dimensi tangibility, reliability, responsiveness, assurance dan empathy; 2) Faktor-faktor yang menentukan kualitas pelayanan prima pada UD Tri Jaya Tehnik Kabupaten Gorontalo yang dikaji dari komitmen karyawan terhadap perusahaan, hubungan karyawan dengan rekan kerja, kepemimpinan dalam perusahaan.
Pendekatan penelitian ini yakni kualitatif. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kualitas pelayanan prima pada UD Tri Jaya Tehnik Kabupaten Gorontalo terwujud melalui dimensi tangibility, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Dimensi Empathy sudah dapat diwujudkan dengan optimal. Sedangkan dimensi Tangibility, Reliability, Responsiveness, dan Assurance belum dapat diwujudkan dengan optimal; 2) Faktor-faktor yang menentukan kualitas pelayanan prima pada UD Tri Jaya Tehnik Kabupaten Gorontalo adalah faktor komitmen karyawan terhadap perusahaan merupakan pendukung terwujudnya kualitas pelayanan prima pada UD Tri Jaya Tehnik Kabupaten Gorontalo. Sementara itu, faktor hubungan karyawan dengan rekan kerja dan faktor kepemimpinan dalam perusahaan merupakan pendukung juga sebagai penghambat terwujudnya kualitas pelayanan prima pada UD Tri Jaya Tehnik Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci: Kualitas; Pelayanan Prima.
Download berkas