Penulis / NIM
SINTA DEVI LAMUSU / 711521007
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PUBLIK
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr IRAWATY IGIRISA, SPd, M.Si / 0028097104
Abstrak
Sinta Devi Lamusu, NIM.711521007, 2022. Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Di Mall Pelayanan Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Dibawah Bimbingan Dr. Rosman Ilato, M.Pd, dan Dr. Irawaty Igirisa, M.Si
Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1). Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Di Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo, 2) Faktor-faktor penentu dalam meningkatkan kepuasan masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo secara berkesinambungan.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan metode kualitiatif deskriptif. Informan penelitian terdiri dari pejabat dan aparat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone Bolango dan masyarakat. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis menggunakan konsep Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, redaksi data, penyajian data dan verifikasi.
Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1. Kualitas Pelayanan dalam meningkatkan kepuasan masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang ditunjukan oleh: a). Prosedur layanan yang digunakan sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), namun tetap masih perlu dioptimalisasikan, b). waktu penyelesaian pelayanan sudah dipenuhi, namun tetap masih perlu dimaksimalkan, c). biaya pelayanan pengurusan dokumen kependudukan terutama KTP dan KK adalah gratis, d). Produk pelayanan yang dimiliki Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bonebolango berjumlah 20 jenis layanan, e). sarana dan prasarana yang dimiliki sudah cukup memadai namun masih perlu disempurnakan, dan f). Kompetensi petugas pemberi pelayanan lebih dominan adalah S1 dan SMA, dan 2. Faktor-faktor penentu dan penghambat dalam meningkatkan kepuasan masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo secara berkesinambungan sudah mendukung yang terbukti dengan: a). organisasi yang dimiliki Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sudah sesuai, karena terdapat struktur organisasi Dinas, namun belum optimal karena masih terdapat over lapping bidang tenaga teknis, b). Kepemimpinan yang dimiliki Kepala Dinas menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan dalam meningkatkan kepuasan masyarakat, karena telah banyak perubahan yang dibuat serta memiliki jiwa kepemimipinan yang demokratis, c). kemampuan dan keterampilan yang dimiliki dari aspek latar belakang pendidikan sudah sesuai dengan standar, namun dari aspek keterampilan dan skill yang masih perlu ditingkatkan karena masih kurangnya tenaga PNS bidang operator teknis, dan d.) Penghargaan dan pengakuan yang diberikan tidak dalam bentuk penggarhaan berupa tambahan penghasilan.
Download berkas