Penulis / NIM
NURHAYATI ABDULLAH / 711521013
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PUBLIK
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASNA ANETA, M.Si / 0027125907
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SRI YULIANTY MOZIN, S.T., MPA / 0006077509
Abstrak
NURHAYATI ABDULLAH. 711521013. 2022. Kualitas Pelayanan dalam Upaya Perlindungan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Lahilote Kota Gorontalo. Tesis. Program Studi Magister Administrasi Publik Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Asna Aneta, M.Si.dan Pembimbing II: Dr. Sri Yulianty Mozin, S.T., MPA.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis 1) kualitas pelayanan dalam upaya perlindungan dan penanggulangan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak di Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Lahilote Kota Gorontalo; 2) faktor-faktor yang menentukan kualitas pelayanan dalam upaya perlindungan dan penanggulangan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak di Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Lahilote Kota Gorontalo.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kualitas pelayanan dalam upaya perlindungan dan penanggulangan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak di Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Lahilote Kota Gorontalo sudah dapat diwujudkan, namun belum optimal. Hal ini dapat dibuktikan dalam dimensi bukti langsung (tangible), tempat pelayanan masih kurang nyaman, dan alat bantu pelayanan masih belum memadai. Dalam dimensi keandalan (reliability), kecermatan pelayanan masih belum sesuai SOP. Dalam dimensi daya tanggap (responsiveness) ketepatan waktu pelayanan belum sesuai SOP. Dalam dimensi jaminan (assurance) belum ada jaminan tepat waktu dalam pelayanan. Dalam dimensi empati (emphaty) masih ada aparat bersikap kurang ramah melayani; 2) faktor-faktor yang menentukan kualitas pelayanan adalah faktor kemampuan aparat, struktur organisasi, dan sarana pelayanan menjadi faktor pendukung juga sebagai faktor penghambat terwujudnya kualitas pelayanan dalam upaya perlindungan dan penanggulangan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak di Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Lahilote Kota Gorontalo.
Kata Kunci: Kualitas;Pelayanan.
Download berkas