Penulis / NIM
ANDRIYANTO R BAKARI / 713516021
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FAHRUDIN ZAIN OLILINGO, SE., M.Si / 0028105805
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUHAMMAD AMIR ARHAM, M.E. / 0025077203
Abstrak
ABSTRAK
Andriyanto R. Bakari. 713516021. 2020. Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Tilamuta Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi, Program Pasca Sarajana, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. H Fahrudin Z. Olilingo, S.E, M.Si, Pembimbing 2 Dr. Muhammad Amir Arham, M.E
Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar, (2) Untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar, (3) Untuk mengetahui Pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah Penelitian dengan menggunakan metode penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuesioner kepada sampel penelitian (siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Lingkungan Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Tilamuta Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo dengan nilai determinan sebesar 50,90%. Koefisien positif menunjukan bahwa semakin kondusif lingkungan dalam kegiatan belajar maka akan mendorong siswa untuk mampu mencapai hasil belajar yang lebih baik. (2) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Tilamuta Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo dengan nilai determinan sebesar 31,60%. Koefisien positif menunjukan bahwa semakin tinggi tingkat motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran maka hasil belajar siswa akan semakin baik yang dibutikan dengan terpenuhinya kriteria ketuntasan minimal dalam mata pelajaran ekonomi. (3) Lingkungan sekolah dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh signifikan dengan variabel hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Tilamuta Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo dengan nilai determinan sebesar 82,50%. Sisanya sebesar 17,50% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti faktor internal siswa seperti kemampuan (kecerdasan), kepribadian siswa, bakat siswa, serta faktor eksternal yakni keterampilan mengajar guru, motivasi orang tua, model pembelajaran dan kerja sama sekolah dengan orang tua siswa.
Kata kunci: Hasil belajar, Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar.
Download berkas