SKRIPSI

Penulis / NIM
ISRAFANI LOGISWARA LAGILI / 713517013
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Drs. ABDUL RAHMAN PAKAYA, M.Si / 0020125810
Abstrak
ABSTRAK ISRAFANI LOGISWARA LAGILI, 713 517 008 .2017. Hubungan Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas XI di SMA Negeri 3 Gorontalo. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi, Program Pasca Sarajana, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Bpk. Prof. Sarson Pomalato sebagai pemimbing 1 dan Bpk. Dr. Abdurrahaman Pakaya M.Si sebagai pembimbing 2. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan secara parsial maupun simultan dari kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 3 Gorontalo.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuesioner kepada sampel penelitian (siswa).Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kecerdasan emosional memiliki hubungan positif dan signifikan dengan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Kota Gorontalo dengan nilai korelasi sebesar 0,524. (2) Motivasi belajar memiliki hubungan positif dan signifikan dengan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Kota Gorontalo dengan nilai korelasi sebesar 0,479. (3) Kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara bersama-sama memiliki hubungan signifikan dengan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Kota Gorontalo. Nilai korelasi simultan sebesar 0,562 yang masuk dalam kategori hubungan yang cukup kuat. Hal ini menunjukan bahwa akan ada peningkatan hasil belajar jika siswa memiliki kecerdasan emosional dan motivasi belajar yang tinggi. Adapun variabel lain yang berpotensi mempengaruhi hasil belajar siswa yakni model pembelajaran, minat belajar, keterampilan mengajar guru, perhatian orang tua, faktor sosial, lingkungan belajar, dukungan teman sebaya, kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual. Kata kunci: Hasil Belajar, Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011