Penulis / NIM
ELLY M. SABI / 713518001
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Abstrak
ABSTRAK
Elly M. Sabi. 713 518 001. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Batudaa Pantai Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi, Program Pasca Sarajana, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Prof. Dr. Ir. Syarwani Canon, M.Si dan Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batudaa Pantai Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuesioner kepada 50 orang responden dan tes hasil belajar kepada sampel penelitian (siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 21.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persamaan regresi berganda yakni �...�¶ = 36,877 + 0,158bX1 + 0,414bX2 + ����º. Hasil uji simultan ditemukan bahwa nilai probabilitas Fhitung sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai alpha 0,01. Kemudian hasil uji parsial ditemukan bahwa probabilitas thitung model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) sebesar 0,016 lebih kecil dari nilai alpha 0,05 dan probabilitas thitung aktivitas belajar sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai alpha 0,01.
Kesimpulan penelitian ditemukan bahwa (1) Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi sebesar 15,80%. (2) Aktivitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi sebesar 41,40%. (3) Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan aktivitas belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan dengan variabel hasil belajar siswa di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo dengan nilai korelasi sebesar 78,60% dan koefisien determinasi sebesar 60,20%. Sedangkan sisanya sebesar 39,80% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti faktor internal siswa seperti kemampuan (kecerdasan), kepribadian siswa, bakat siswa, serta faktor eksternal yakni keterampilan mengajar guru, motivasi orang tua, lingkungan sekolah dan kerja sama sekolah dengan orang tua siswa.
Kata kunci: Hasil Belajar, Project Based Learning, Aktivitas Belajar
.
Download berkas