Penulis / NIM
FENI FEBRIANY KALUKU / 713518002
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASNA ANETA, M.Si / 0027125907
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
ABSTRAK
FENI F KALUKU. 713 518 002. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dan motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa KelasIX SMP Negeri 9 Gorontalo . Tesis Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi, Program Pasca Sarajana, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Prof. Dr. Hj Asna Aneta,M.Si dan Dr.Muchtar Ahmad S.Pd.M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 9 Gorontalo. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuesioner kepada 51 orang responden dan tes hasil belajar kepada sampel penelitian (siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 21.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persamaan regresi berganda yakni Ã...¶ = 13,635 + 0,703bX1 + 0,807bX2 + Ã�â�º. Berdasarkan model persamaan regersi tersebut,makadapat diinterprestasikan yakni : 1).Nilai konstanta sebesar -13,635 merupakan nilai tetap dari variabel hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 9 Gorontalo apabila tidak ada pengaruh dari model pembelajaran project based leaning. 2).Nilai koefisien regresi variable X1 model pembelajaan project based learning sebesar 0,703 menunjukan setiap peningkatan varibel model pembelajaran project based learning (PJBL) sebesar 1 satuan akan meningkatkan karena (koeiseie regsi bertana +). Hasil belajar siswa di kelas IX SMP negeri 9 Gorontalo sebesar 0,703 kali satuan.3). nIlai koefisien regresi variable X2 (motivasi belajar) sebesar 0,807 menunjunkkan setiap peningkatan variabel motivasi belajar sebesar 1 satuan akan meningkatkan (karena koefisien bertanda +) Hasil belajar siswa di kelas IX SMP Negeri 9 Gorontalo sebesar 0,807 kali satuan. Hasil uji simultan ditemukan bahwa nilai probabilitas Fhitung sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai alpha 0,01. Kemudian hasil uji parsial ditemukan bahwa probabilitas thitung model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) sebesar 0,016 lebih kecil dari nilai alpha 0,05 dan probabilitas thitung motivasi belajar sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai alpha 0,01.
Kesimpulan penelitian ditemukan bahwa (1) Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi sebesar 27,10%. (2) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi sebesar 38,10%. (3) Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan dengan variabel hasil belajar siswa di kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Gorontalo dengan nilai korelasi sebesar 63,80% dan koefisien determinasi sebesar 63,80%. Sedangkan sisanya sebesar 36,20% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kepribadian siswa,minat beajar,dukungan orang tua,teman sebaya,pengelolaan kelas oleh guru,kompotensi guru,lingkungan belajar,kecerdasan emosional,kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual.
Kata kunci: Project Based Learning, Motivasi Belajar,Hasil Belajar
Download berkas