SKRIPSI

Penulis / NIM
ARIFIN R. KASIM / 713518004
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Drs. ABDUL RAHMAN PAKAYA, M.Si / 0020125810
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. LUKMAN ABDUL RAUF LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstrak
ABSTRAK Arifin R. Kasim (2020) Desain Pembelajaran Cooperative Script Pada Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Dan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 6 Gorontalo, Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Abd Rahman Pakaya, M.Si dan Pembimbing II Dr. Lukman A.R Laliyo, S.Pd, M.Pd. Penguji 1 Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd dan Penguji II Dr. Rosman Ilato, M.Pd Kualitas belajar pengaruhnya sangat besar terhadap hasil belajar siswa. Jika bahan pelajaran yang di pelajari tidak sesuai dengan kualitas siswa maka siswa tidak dapat belajar dengan sungguh-sungguh dan jika ada siswa kurang atau tidak sungguh-sungguh terhadap belajar maka otomatis hasil belajarnya akan rendah atau kurang. Hasil belajar yang rendah atau kurang disebabkan oleh desain pembelajaran yang kurang tepat. Desain pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 6 Gorontalo adalah cooperative script. Pembelajaran cooperative script merupakan pembelajaran dimana siswa bekerja dan belajar bersama dalam kelompok, saling menyumbangkan pikiran dan bertanggung jawab terhadap pancapaian hasil belajar secara individu maupun kelompok. Pembelajaran cooperative script mengutamakan kerjasama dalam menyelesaikan permasalahan. Pembelajaran cooperative script diyakini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa karena dalam pembelajaran cooperative script siswa membentuk sendiri pemahaman konsepnya terhadap materi. Cooperative Script merupakan model pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok. Kelompok dipilih berdasarkan tingkat kemampuan dan pemahaman peserta didik, Kemudian dalam kelompok tersebut, terbagi menjadi sub kelompok, dimana setiap sub kelompok ditentukan siapa yang menjadi pembicara dan siapa yang menjadi pendengar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu melalui desain pembelajaran cooperative script. Penelitian ini disebut sebagai penelitian kualitatif karena data yang digunakan bersifat kualitatif, yaitu merupakan tindakan atau pemikiran terhadap objek tertentu. Namun dalam penentuan hasil belajar dihitung secara kuantitatif. Dari hasil penelitian yang didapat setelah menggunakan desain pembelajaran cooperative script kualitas pembelajaran dan hasil belajar iswa meningkat ini dilihat dari hasil belajar yang semula sebelum menggunakan desain cooperative script hanya mencapai 46,67 % akan tetapi setelah menggunakan desain cooperative script hasil belajar meningkat menjadi 100 % bagitupun aktivitas guru sebelumnya hanya 66,66 % meningkat menjadi 100 % serta aktivitas kegiatan siswa juga turut meningkat yang sebelumnya hanya 30,8 % meningkat menjadi 100 %. Dari hasil penilaian dapat dibuktikan bahwa penerapan desain pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Gorontalo. Kata Kunci : Cooperative Script, Kualitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa ABSTRACT Arifin R. Kasim (2020) Cooperative Script Learning Design in Class VIII Integrated Social Studies Lessons in Increasing Learning Interest and Cooperation at SMP Negeri 6 Gorontalo, Economics Education Study Program, Gorontalo State University. Advisor 1 Dr. Abd Rahman Pakaya, M.Si and Advisor II Dr. Lukman A.R Laliyo, S.Pd, M.Pd. This interest will arise, if there is a strong urge from the student himself. In addition, interest will also arise not only from the students themselves, but there will also be encouragement and support and cooperation from family and the surrounding environment. The learning design suitable for integrated social studies learning at SMP Negeri 6 Gorontalo is a cooperative script. Cooperative script learning is learning where students work and learn together in groups, contribute thoughts to each other and are responsible for the achievement of learning outcomes individually or in groups. Cooperative script learning prioritizes cooperation in solving problems. Cooperative script learning is believed to increase student interest in learning and cooperation because in cooperative script learning students form their own understanding of the concept of the material. Cooperative Script is a learning model carried out in groups. Groups are selected based on the heterogeneity of students. Then in the group, it is divided into sub groups, where each sub group is determined who is the speaker and who is the listener. The purpose of this study was to increase student interest in learning and cooperation in Integrated Social Studies subjects through cooperative script learning designs. This research is referred to as qualitative research because the data used is qualitative, which is an action or thought on a particular object. The type of this research is field research. From the research results obtained after using the cooperative script learning design, the students' interest in learning and cooperation increased. This was seen from the initial learning outcomes before using the cooperative script design only reached 46.67%, but after using the cooperative script design the learning outcomes increased to 100%. Previous teacher activities were only 66.66% increased to 100% and student activities also increased from 30.8% to 100%. From the results of the assessment it can be proven that the application of the Cooperative Script learning design can increase interest in learning and cooperation in Integrated Social Studies subjects in grade VIII students at SMP Negeri 6 Gorontalo. Keywords: Cooperative Script, Interest in Learning and Cooperation
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011