Penulis / NIM
YUYUN WIDYAWATI / 713518006
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. HELDY VANNI ALAM, S.Pd., M.Si / 0030047602
Abstrak
ABSTRAK
Yuyun Widyawati. 2021. Pengembangan Desain Pembelajaran Teaching Factory untuk Pembentukan Kompetensi Siswa Kelas XII Jurusan APHP pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan di SMKN 2 Limboto. Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1: Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd, Pembimbing 2: Dr. Heldy Vanni Alam, S.Pd., M.Si.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan pengembangan Desain Pembelajaran teaching factory pada Kelas XII Jurusan APHP pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMKN 2 Limboto. Desain pengembangan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE. Teknik digunakan dalam penelitian ini adalah validasi, observasi dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar validasi model pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa model pengembangan desain pembelajaran teaching factory menggunakan model ADDIE dilakukan sesuai dengan tahapan. Penelitian pengembangan ini telah menghasilkan desain pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran teaching factory pada mata pelajaran produk kreatif dan Kewirausahaan Kelas XII di SMKN 2 Limboto Kabupaten Gorontalo menggunakan model ADDIE. Model pembelajaran teaching factory yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran produk kreatif dan Kewirausahaan pada siswa. Hasil analisis data hasil angket kepada siswa mencapai kategori baik. Dengan demikian, model desain pembelajaran teaching factory mata pelajaran produk kreatif dan Kewirausahaan yang dikembangkan memenuhi kritera efektif. Model pembelajaran teaching factory memenuhi kriteria kualitas model desain pembelajaran yaitu valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci : Pengembangan Desain Pembelajaran, teaching factory
Download berkas