SKRIPSI

Penulis / NIM
RAHMAT AKUBA / 713518008
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. FAHRUDIN ZAIN OLILINGO, SE., M.Si / 0028105805
Abstrak
ABSTRAK Rahmat Akuba. 713 518 008. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMP Negeri 1 Botupingge Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi, Program Pasca Sarajana, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Prof. Dr. Hj. Wenny Hulukati, M.Pd dan Bapak Prof. Dr. Fachrudin Zain Olilingo, SE, M.si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips terpadu di Kelas VIII SMP Negeri 1 Botupingge Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuesioner kepada 51 orang responden dan tes hasil belajar kepada sampel penelitian (siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran Make a Match berpengaruh positif dan sangat signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Botupingge Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi persial sebesar 29,60%. (2) Motivasi berprestasi berpengaruh positif dan sangat signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Botupingge Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi persial sebesar 41,00%. (3) Model pembelajaran Make a Match dan motivasi berprestasi secara bersama-sama berpengaruh sangat signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Botupingge Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar sebesar 70,60%. Sedangkan sisanya sebesar 29,40% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti peran tutor atau teman sebaya, pengelolaan kelas oleh guru, kompetensi guru, lingkungan belajar, kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, komitmen guru, kepribadian siswa, minat belajar dan dukungan orang tua dari siswa. Kata kunci: Hasil Belajar, Make A Match, Motivasi Berprestasi
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011