Penulis / NIM
DJAMARUDIN LANJANI / 713518009
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
ABSTRAK
Djamarudin Lanjani 713518009. 2021 Pengaruh kompetensi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMP Kecamatan Posigadan kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Provinsi Sulawesi Utara. Tesis. Program Studi S2 pendidikan Eknomi Program Pascasarjana Universitas negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Prof. Dr. H. Hamzah B. Uno, M.Pd Pembimbing II Bapak Dr. Muchtar Ahmad, S.Pd M,Si
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung kompetensi terhadap kinerja guru SMP di kecamatan posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan provinsi sulut (2) pengaruh langsung motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP di kecamatan posigadan kabupaten bolaang mongondow selatan provinsi sulut (3) pengaruh kompetensi dan motivasi kerja secara bersama terhadap kinerja guru SMP kecamatan posigadan kabupaten bolaang mongondow selatan provinsi sulut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di 5 (lima) sekolah wilayah kecamatan posigadan kabupaten bolaang mongondow selatan provinsi Sulawesi Utara berjumlah 33 orang jadi sampel adalah 33 orang guru. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pengaruh kompetensi (X����) secara parsial terhadap kinerja guru (Y) yaitu sebesar 0,975 atau sebesar 97,5% sangatlah signifikan memberi penguatan dalam keberhasilan kinerja guru SMP di tingkat kecamatan posigadan kabupaten bolaang mongondow selatan. (2) pengaruh motivasi kerja (X����) secara parsial terhadap kinerja guru (Y) yaitu sebesar 0,14, hal ini dapat diterima karena motivasi kerja (X����) bukanlah satu-satunya parameter yang menentukan kinerja guru di tingkat kecamatan posigadan khususnya di tingkat sekolah menengah pertama kabupaten bolaang mongondow selatan. (3) secara bersama-sama penelitian tentang pengaruh kompetensi dan motivasi kerja secara simultan terhadap kinerja guru sebesar 0,968 atau sebesar 96,8% sementara sekitar 3,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di masukan ke dalam model penelitian. Hal ini dapat dimaklumi karena kinerja guru tidak hanya ditentukan oleh faktor kompetensi dan motivasi kerja, karena faktor-faktor lain juga sangat mungkin ikut berpengaruh terhadap kinerja guru, misalnya lingkungan kerja, kepemimpin, guru tersertifikasi, kualifikasi pendidikan guru maupun fasilitas penunjang disekolah sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh kompetensi dan motivasi kerja secara keseluruhan terhadap kinerja guru sebesar 96,8% dapat diterima
Kata kunci: Kompetensi, motivasi kerja, kinerja guru
Download berkas