SKRIPSI

Penulis / NIM
DJAMARUDIN LANJANI / 713518009
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
ABSTRAK Djamarudin Lanjani 713518009. 2021 Pengaruh kompetensi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMP Kecamatan Posigadan kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Provinsi Sulawesi Utara. Tesis. Program Studi S2 pendidikan Eknomi Program Pascasarjana Universitas negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Prof. Dr. H. Hamzah B. Uno, M.Pd Pembimbing II Bapak Dr. Muchtar Ahmad, S.Pd M,Si Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung kompetensi terhadap kinerja guru SMP di kecamatan posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan provinsi sulut (2) pengaruh langsung motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP di kecamatan posigadan kabupaten bolaang mongondow selatan provinsi sulut (3) pengaruh kompetensi dan motivasi kerja secara bersama terhadap kinerja guru SMP kecamatan posigadan kabupaten bolaang mongondow selatan provinsi sulut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di 5 (lima) sekolah wilayah kecamatan posigadan kabupaten bolaang mongondow selatan provinsi Sulawesi Utara berjumlah 33 orang jadi sampel adalah 33 orang guru. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pengaruh kompetensi (X����) secara parsial terhadap kinerja guru (Y) yaitu sebesar 0,975 atau sebesar 97,5% sangatlah signifikan memberi penguatan dalam keberhasilan kinerja guru SMP di tingkat kecamatan posigadan kabupaten bolaang mongondow selatan. (2) pengaruh motivasi kerja (X����) secara parsial terhadap kinerja guru (Y) yaitu sebesar 0,14, hal ini dapat diterima karena motivasi kerja (X����) bukanlah satu-satunya parameter yang menentukan kinerja guru di tingkat kecamatan posigadan khususnya di tingkat sekolah menengah pertama kabupaten bolaang mongondow selatan. (3) secara bersama-sama penelitian tentang pengaruh kompetensi dan motivasi kerja secara simultan terhadap kinerja guru sebesar 0,968 atau sebesar 96,8% sementara sekitar 3,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di masukan ke dalam model penelitian. Hal ini dapat dimaklumi karena kinerja guru tidak hanya ditentukan oleh faktor kompetensi dan motivasi kerja, karena faktor-faktor lain juga sangat mungkin ikut berpengaruh terhadap kinerja guru, misalnya lingkungan kerja, kepemimpin, guru tersertifikasi, kualifikasi pendidikan guru maupun fasilitas penunjang disekolah sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh kompetensi dan motivasi kerja secara keseluruhan terhadap kinerja guru sebesar 96,8% dapat diterima Kata kunci: Kompetensi, motivasi kerja, kinerja guru
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011