SKRIPSI

Penulis / NIM
FITRIANTY KOEM / 713518010
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Drs. ABDUL RAHMAN PAKAYA, M.Si / 0020125810
Abstrak
ABSTRAK Fitrianty Koem 713518010 Pengaruh Model Pembelajaran Discovery learning dan Fasilitas Belajar Siswa terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana di bawah Bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato M.Pd dan Bapak Drs. Abd. Rahman Pakaya, M.Si Tahun 2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango, (2) pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango, (3) Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan fasilitas belajar secara simultan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif denan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 8 kelas di SMP Negeri 1 Tapa, di Kabupaten Bone Bolango berjumlah 193 siswa sedangkan sampel adalah 66 orang siswa. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket dan dianalisis dengan teknik diferensial dan inferensial Kesimpulan penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Tapa, Kabupaten Bone Bolango, artinya semakin baik penggunaan model pembelajaran discovery learning semakin baik pula motivasi belajar siswa. (2) terdapat pengaruh positif penggunaan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Tapa, Kabupaten Bone Bolango, artinya semakin lengkap fasilitas belajar maka semakin tinggi motivasi belajar siswa,dan sebaliknya semakin rendah skor penggunaan fasilitas belajar semakin rendah pula motivasi belajar siswa, (3) Terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran discovery learning dan penggunaan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Tapa, Kabupaten Bone Bolango, hal ini berarti bahwa semakin tinggi penggunaan model pembelajaran discovery learning dan penggunaan fasilitas belajar maka semakin tinggi motivasi belajar siswa. Kata kunci: Discovery Learning, fasilitas belajar, motivasi belajar siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011