Penulis / NIM
AZIS DUKALANG / 713519010
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Drs. ABDUL RAHMAN PAKAYA, M.Si / 0020125810
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
Azis. Dukalang, 2021. Pengaruh Lingkungan Fisik dan Lingkungan Sosial Terhadap Kinerja Guru pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Pembimbing I:Dr.Abd.Rahman Pakaya,M.Si. Pembimbing II Dr. Muchtar Ahmad,S.Pd, M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Menganalisis Pengaruh lingkungan fisik terhadap kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo, 2) Menganalisis Pengaruh lingkungan sosial terhadap kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo, 3) Menganalisis Pengaruh lingkungan fisik dan lingkungan sosial terhadap kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi pada penelitian ini adalah semua Guru Madrasyah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo, yaitu sebanyak 34 orang, karena jumlah populasi kurang dari seratus orang maka semua guru di Madrasyah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo dijadikan sebagai responden utama. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) lingkungan fisik berpengaruh positif dan signifikan sebesar 0,053% terhadap kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo, 2) lingkungan sosial berpengaruh positif dan signifikan sebesar 0,973 atau sebesar 97,3% terhadap kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo, 3) Lingkungan fisik dan lingkungan sosial secara simultan berpengaruh positif dan signifikan sebesar 0.973 atau 97,3% terhadap kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo.
Kata kunci: lingkungan fisik, lingkungan sosial, kinerja Guru
Download berkas