SKRIPSI

Penulis / NIM
ISMANTO DIDIPU / 713521010
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Drs. ABDUL RAHMAN PAKAYA, M.Si / 0020125810
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
ABSTRAK Ismanto Didipu. 713521010. 2022. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Tunjangan Profesi Guru Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Gorontalo Utara. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dr. Abd. Rahman Pakaya, M.Si dan Dr. Muchtar Ahmad, S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan tunjangan profesi guru terhadap kinerja guru madrasah tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Gorontalo Utara. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuesioner kepada 62 orang responden pada 4 madrasah. Teknik analisis data yang digunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persamaan regresi berganda yakni Ã...¶ = 4,696 + 0,154X1 + 0,828X2 + Æ . Hasil uji simultan bahwa nilai probabilitas Fhitung sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai alpha 0,01. Kemudian hasil uji parsial ditemukan bahwa probabilitas thitung gaya kepemimpinan sebesar 0,031 lebih kecil dari nilai alpha 0,05 dan probabilitas thitung tunjangan profesi sebesar 0,000 lebih kecil dari pada nilai alpha 0,01. Kesimpulan penlitian ditemukan bahwa (1) Gaya kepemimpinan tidak berpengaruh penting terhadap kinerja guru di madrasah tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Gorontalo Utara dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,149 atau 14,9%. (2) Tunjangan profesi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru madrasah tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Gorontalo Utara dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,757 atau 75,7%. (3) Gaya kpemimpinan dan Tunjangan profesi guru secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru madrasah tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Gorontalo Utara dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,906 atau 90,6%. Sedangkan sisanya sebesar 9,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti faktor internal guru seperti lingkungan sosial, lingkungan fisik, serta kualifikasi pendidikan. Kata kunci: Gaya Kepemimpinan, Tunjangan Profesi Guru, Kinerja guru
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011