SKRIPSI

Penulis / NIM
OKTAFIANI MOKODOMPIT / 713521015
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. FAHRUDIN ZAIN OLILINGO, SE., M.Si / 0028105805
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
ABSTRAK Oktafiani Mokodompit, 713521015 Tahun 2022, â�Å"Pengaruh kecerdasan emosional dan budaya kerja terhadap kinerja guru SMK Se Kabupaten Bolaang Mongondow Utara� Tesis. Program Studi S2 Magister Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo di bawah Bimbingan Bapak Prof. Dr. Fachruddin Olilingo,SE.,ME dan Bapak Dr. Muchtar Ahmad.,S.Pd.,M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kecerdasan emosional dan budaya kerja hadap kinerja guru SMK Se Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Sumber Data dalam penelitian ini adalah data Primer dan Sekunder melalui pengedaran kuisioner kepada 34 Responden Satuan Pendidikan SMK se Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Dengan uji statistik menggunakan SPSS 24. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh kecerdasan emosional (X1) secara parsial terhadap kinerja guru (Y) yaitu sebesar 0,053 atau sebesar 0,53%, hal ini disebabkan karena kecerdasan emosional (X1) bukanlah satu-satunya parameter yang menentukan kinerja guru di satuan pendidikan SMK se Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Secara statistik menunjukkan bahwa kecerdasan emosional tidak berpengaruh penting dalam peningkatan kinerja guru, hal ini dengan rendahnya kontrol emosi dari guru bisa berdampak negatif bagi guru saat melaksanakan pembelajaran dikelas untuk meningkatkan kinerjanya sebagai guru maupun sebagai pimpinan pada satuan pendidikan.Pengaruh Budaya kerja (X2) secara parsial terhadap kinerja guru (Y) yaitu sebesar 0,907 atau sebesar 97,3%, hal ini disebabkan karena budaya kerja (X2) sangatlah signifikan memberi penguatan dalam keberhasilan kinerja guru dikelas maupun diluar kelas yang menentukan kinerja guru di tingkat satuan pendidikan khususnya di lingkungan SMK se Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Secara statistik menunjukkan bahwa budaya kerja berpengaruh sangat baik dan sangat signifikan dalam peningkatan kinerja guru, hal ini menjadi karakter kerja yang perlu dipertahankan untuk meningkatkan mutu satuan pendidikan khususnya SMK se Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dalam meningkatkan motivasi guru, disiplin, mempertahankan budaya kreatif untuk meningkatkan kinerjanya.Secara bersama-sama penelitian tentang pengaruh kecerdasan emosional dan budaya kerja secara simultan terhadap kinerja guru sebesar 0.973 atau 97,3%. Sementara sekitar 7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian. Hal itu dapat dimaklumi karena kinerja guru tidak hanya ditentukan oleh faktor kecerdasan emosional dan budaya kerja saja, karena faktor-faktor lain juga sangat mungkin ikut berpengaruh terhadap kinerja guru, misalnya kualifikasi pendidikan guru, kepemimpinan kepala sekolah maupun dukungan fasilitas pembelajaran sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh kecerdasan emosional dan budaya kerja secara keseluruhan terhadap kinerja guru sebesar 97,3% dapat diterima. Kata Kunci ; Kecerdasan Emosional, Budaya Kerja dan Kinerja Guru
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011