SKRIPSI

Penulis / NIM
RUDCE DWI ISTEN WAHYUNI / 713521016
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. LUKMAN ABDUL RAUF LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. HELDY VANNI ALAM, S.Pd., M.Si / 0030047602
Abstrak
ABSTRAK Dwi Isten Wahyuni, Rudce. 2022. Implementasi Program Bank Sampah Melalui Ektrakurikuler Berbasis Pembelajaran Proyek (PjBL) Terhadap Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 2 Paguyaman. Tesis, Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (I) Dr.Lukman A.R Laliyo, S.Pd., M.Pd., M.M, (II) Dr. Heldy Vanni Alam, S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Program Bank Sampah Melalui Pembelajaran Ektrakurikuler Berbasis Proyek (PjBL) Terhadap Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 2 Paguyaman. Selain itu untuk mengetahui apakah implementasi program berpengaruh pada penguatan profil pelajar pancasila dan apakah ada dimensi profil pelajar Pancasila yang berubah signifikan. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen pre-posttest non kelas kontrol dengan Pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas X,XI di SMA Negeri 2 Paguyaman dengan jumlah sampel 71 peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan: (1) pre-posttest angket dan tes, dan (2) implementasi pembelajaran untuk menjaring data tentang (1) pengaruh implementasi program terhadap penguatan profil pelajar pencasila; dan (2) dimensi profil pelajar pancasila yang berubah signifikan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh impelementasi program terhadap penguatan profil pancasila, terlihat pada hasil pengukuran dimensi akhlak kepada alam nilai mengidentifikasi masalah, dimensi bernalar kritis pada nilai menganalisis informasi dam pada dimensi kreatif pada nilai menemukan gagasan dan; (2) terdapat dimensi profil pelajar pancasila yang berubah signifikan. Terlihat pada hasil pengukuran profil pelajar pancasila yaitu dimensi bernalar kritis bernilai lebih tinggi (-0.11 logit) dibandingkan akhlak kepada alam (-0.08) dan dimensi kreatif (0.01 logit). Berdasarkan hasil penelitian ini, dikemukakan beberapa saran sebagai berikut: (1) Sekolah membuat program-program yang melibatkan aktivitas peserta didik secara maksimal agar dapat mengembangkan nilai akhlak kepada alam, kemampuan bernalar kritis dan kreatif sebagai upaya terwujudnya profil pelajar pancasila; (2) Guru hendaknya memiliki motivasi yang kuat untuk mendesain pembelajaran dengan memperhatikan kebutuhan peserta didik yaitu pembelajaran yang berdiferensiasi. Kata Kunci : Profil Pelajar Pancasila, Ektrakurikuler Bank Sampah, PjBL.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011