Penulis / NIM
NURAIN KARNAIN / 714518002
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN NONFORMAL
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ABD. HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MISRAN RAHMAN, M.Pd / 0016056205
Abstrak
Mery Gobel, 2020. Meningkatkan Kemampuan Logis Matematis dan Sains Melalui Metode Eksperimen Pada Anak Kelompik B di TK Anggrek Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Tesis. Program Studi Dikdas Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing (2) Dr. Setiyo Utoyo, S.Pd, M.Pd
Permasalahan penelitian apakah dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan logis matematis dan sains pada anak kelompok B TK Anggrek Kabupaten Gorontalo? Penelitan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan logis matematis dan sains pada anak kelompok B TK Anggrek Kabupaten Gorontalo.Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Anggrek Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 4 orang anak perempuan.Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas. Dengan 4 tahap yakni perencanaan,pelaksanaan,observasi,dan refleksi.Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan studi dokumen.Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan logis matematis dan sains pada anak kelompok B TK Anggrek Kabupaten Gorontalo melalui metode eksperimen dapat ditingkatkan. Dengan hasil kegiatan observasi awal menunjukkan bahwa dari 15 orang anak terdapat 3 orang anak yang menguasai kemampuan logis matematis dan sains sedangkan 12 orang anak atau 80 % belum menguasai kemampuan logis matematis dan sains.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata persentase jumlah anak yang memperlihatkan peningkatan kemampuan logis matematis dan sains yang diharapkan seperti yang diperoleh pada siklus pertama untuk kemampuan logis matematis adalah 60 % untuk kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik. Sains memperoleh hasil 60 % untuk kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik.Pada siklus kedua kemampuan logis matematis meningkat menjadi 14 orang anak atau 90 % untuk kategiri berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik. sains memperoleh hasil yang sama yaitu 14 orang anak atau 90 % untuk kategori berkembang seusia harapan dan berkembang sangat baik.Indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 90 % atau 14 orang anak.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan logis matematis dan sains pada anak kelompok B TK anggrek Kabupaten Gorontalo dapat diterima.
Kata Kunci: Kemampuan Logis Matematis, Sains Anak, Metode Eksperiman
Download berkas