Penulis / NIM
ERNI ABDULWAHID RAHMAN / 714518004
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN NONFORMAL
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. RUSDIN DJIBU, M.Pd / 0027046409
Abstrak
ABSTRAK
Erni A. Rahman 714518004. Model Supervisi Klinis Berbasis Lesson Study Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Kinerja Pamong Belajar Di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Se Kabupaten Gorontalo .Tesis. Jurusan S2 Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Asni Ilham, M.Si, Pembimbing II: Dr. Rusdin Djibu, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kondisi awal supervisi klinis di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Se Kabupaten Gorontalo (2) Mengetahui perkembangan model konseptual supervisi klinis berbasis Lesson studi dalam meningkatkan motivasi dan kinerja pamong belajar di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Se Kabupaten Gorontalo.; dan (3) Mengetahui implementasi model supervisi klinis berbasis lesson study dalam meningkatkan motivasi dan kinerja pamong belajar di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Se Kabupaten Gorontalo. Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan diatas, peneliti menggunakan penelitian Research And Development, teknik pengumpulan data dalam bentuk observasi, dokumentasi, dan teknik wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1). kondisi awal supervisi klinis yang biasa dilaksanakan di SKB Se Kabupaten Gorontalo adalah supervisi akademik biasa, bukan supervisi klinis. Supervisi yang biasa dilaksanakan dilihat dari sisi perencanaan awal, observasi kelas, dan tahap balikan yang biasanya dilakukan di SKB belum mencerminkan telah dilaksanakan supervisi klinis. Supervisi di SKB biasanya dilaksanakan oleh supervisor atau penilik dari tingkat Kabupaten atau Kota dan oleh kepala SKB, namun biasanya dilaksanakan seorang diri tanpa melibatkan team Pamong Belajar untuk bersama-sama mengobservasi kelas dan diskusi bersama. Supervisi yang biasa dilaksanakan jarang dilaksanakan tahap tindak lanjut setelah pelaksanaan supervisi. Hal ini memberikan peluang yang besar bagi peneliti untuk menguji cobakan model supervisi klinis berbasis lesson study di SKB di Kabupaten/Kota Gorontalo. (2) Desain model supervisi klinis berbasis lesson study dikembangkan melalui komponen-komponen tujuan, prosedur, dan peningkatan kinerja Pamong Belajar (PKPB) melalui tahap pertemuan awal dan Plan, tahap observasi mengajar dan do, tahap pertemuan balikan dan See, serta tahap tindak lanjut. (3). Implementasi model supervisi klinis berbasis lesson studi yang dikembangkan melalui penelitian ini dinyatakan telah diuji secara objektif dan tepat sasaran dalam meningkatkan motivasi dan kinerja pamong belajar. Hal ini dapat dilihat dari selalu meningkatkan nilai rata-rata hasil PKPB (Peningkatan Kinerja Pamong Belajar) pada setiap tes dan nilai t hasil PKPB selalu lebih besar dari tabel t dalam setiap uji coba, baik dalam pengujian terbatas maupun uji coba luas.
Kesimpulan terjadi peningkatan motivasi dan kinerja pamong belajar di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Se Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Supervisi Klinis, Lesson Study, Motivasi, Kinerja Pamong.
Download berkas