Penulis / NIM
SAHRUL SALINGKAT / 714518009
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN NON FORMAL
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ABD. HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. RUSDIN DJIBU, M.Pd / 0027046409
Abstrak
ABSTRAK
SAHRUL SALINGKAT, 2020. Pengaruh Metode pembelajaran Bermain dan Kemandirian terhadap Kecenderungan Minat Belajar Anak Usia Dini di Paud Amanah Desa Bunga Kecematan Luwuk Utara. Tesis Program Studi Pendidikan NonFormal Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Abd. Hamid Isa, M.Pd dan Pembimbing II: Dr. Rusdin Djibu, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh metode bermain kelompok terhadap kecenderungan minat belajar anak usia dini di Paud Amanah Desa Bunga Kecamatan Luwuk Utara. (2) Pengaruh kemandirian terhadap kecenderungan minat belajar anak usia dini di Paud Amanah Desa Bunga Kecamatan Luwuk Utara. (3) Interaksi antara pengaruh metode pembelajaran bermain kelompok dan kemandirian terhadap kecenderungan minat belajar anak usia dini di Paud Amanah Desa Bunga Kecamatan Luwuk Utara.
Penelitian ini merupakan penelitan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian menggunakan desain factorial 2x2. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purpuse sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Analisis data dengan uji normalitas dan uji homogenitas dan uji ANAVA.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada pengaruh metode pembelajaran kelompok terhadap kecenderungan minat belajara anak didik, (2) ada pengaruh kemandirian terhadap kecenderungan minat belajar anak didik, (3) terdapat interaksi antara metode pembelajaran bermain kelompok dan kemandirian terhadap kecenderungan minat belajar anak didik. oleh karena itu diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi kepada pihak yang lain, baik pihak sekolah maupun penelitian lain.
Kata kunci: Minat Belajar, Kemandirian, Metode Pembelajaran, Bermain.
Download berkas