Penulis / NIM
ASRATY POKU / 714518011
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN NON FORMAL
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ABD. HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MOHAMAD ZUBAIDI, S.Pd., M.Pd / 0022106604
Abstrak
ABSTRAK
Asraty Poku, 2021. Pengembangan Model Permainan Sirkuit Halang Rintang Dalam Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi Anak Kelompok B di TK Sekecamatan Luwuk Selatan. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Non Formal, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Abd Hamid Isa, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Mohamad Zubaidi, M.Pd .
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk Mengetahui Kondisi awal model permainan sirkuit halang rintang terhadap kemampuan bersosialisasi Anak Kelompok B di TK Sekecamatan Luwuk Selatan. 2) Untuk Mengetahui Rancangan model permainan sirkuit halang rintang dalam meningkatkan kemampuan bersosialisasi pada Anak Kelompok B di TK Sekecamatan Luwuk Selatan. 3) Untuk Mengetahui Implementasi model permainan sirkuit halang rintang dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi Anak Kelompok B di TK Sekecamatan Luwuk Selatan. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian Pengembangan dengan Model Four-D. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: 1) Lembar observasi, 2) validasi ahli.
Hasil penelitian 1) kondisi awal belum banyak yang mengenal permainan sirkuit, 2) rancangan model menggunakan 3 komponen yaitu input, proses dan output, 3) Implementasi model permainan sirkuit dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak dengan model alur permainan sirkuit halang rintang menghasilkan produk. Berdasarkan uji statistik bahwa nilai Asymp.Sig adalah 0.000 atau < 0.05. Dengan kata lain tolak H0 atau terima H1. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan skor antara post test dan pretest pada aspek sosialisasi dan halang rintang.
Kata Kunci; Sosialisasi, Permainan Sirkuit Halang Rintang
Download berkas