Penulis / NIM
SITTI AIDA HABIBIE / 714520001
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN NON FORMAL
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ABDUL RAHMAT, S.Sos,I., M.Pd. / 0005037806
Pembimbing 2 / NIDN
Dr ABD. HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Abstrak
Sitti Aida Habibie. 2022. Pengaruh Experiental Learning Terhadp Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Paket B di SPNF SKB Limboto. Tesis Program Studi Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I ; Prof. Dr. Abdul Rahmat, M.Pd dan Pembimbing II; Dr. Abd. Hamid Isa, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Experiental Learning terhadap hasil belajar, (2) Pengaruh Experiental Learning terhadap Motivasi Belajar, (3) Pengaruh secara bersama-sama antara Experiental Learning dan Motivasi belajar terhadap hasil belajar. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik paket B di SPNF SKB Limboto dengan jumlah sampel 20 orang. Adapun Teknik pengumpulan data, yakni : (1) tes hasil belajar, (2) Angket Motivasi Belajar dan (3) Angket Experiental Learning. Tekhnik Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah : (1) Uji Asumsu Klasik, (2) Uji Regresi Berganda, (3) Uji F, (4) Uji-T
Hasil penelian ini menunjukan : (1) terhadapat pengaruh Experiental Learning terhadap hasil belajar. Hasil dari pengujian uji T , diperoleh nilai signifikasi 0,000326 dengan derajat kebebasan 95% atau ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������±=5%, maka Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh Experiental Learning terhadap hasil belajar. (2) Terdapat pengaruh metode Experiental Learning terhadap motivasi belajar. Hasil dari pengujian uji T, diperoleh nilai T = 0,0000465, dengan derajat kebebasan 95% atau a = 5%, maka Ha diterima yang artinya adanya pengaruh Experiental Learning terhadap Motivasi Belajar. (3) Terdapat pengaruh secara Bersama-sama antara Experiental Learning dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar. Metode pembelajaran Experiental Learning bahwa adanya pengaruh metode tersebut terhadap hasil yang hal itu sesuai dengan nilai signifikasi F = 0,000313, dimana nilai F-Hitung < 0,05, yang dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara bersamaan variable Experiental Learning dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Hal ini sesuai dengan persamaan regresi berganda yakni Y= 101,101 + 1,2436X����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½ + 1,1667X����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½ yang artinya, Ketika X����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½ dan X����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½ = 0. Maka Y = 101,101. Tetapi jika X����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½ naik 1 maka nilai Y juga naik sebesar 1,2436. Begitupun sebaliknya jika X����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½ naik 1, maka nilai y juga naik 1,1667.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Motivasi Belajar dan Experiental Learning
Download berkas