SKRIPSI

Penulis / NIM
SITTI AIDA HABIBIE / 714520001
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN NON FORMAL
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ABDUL RAHMAT, S.Sos,I., M.Pd. / 0005037806
Pembimbing 2 / NIDN
Dr ABD. HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Abstrak
Sitti Aida Habibie. 2022. Pengaruh Experiental Learning Terhadp Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Paket B di SPNF SKB Limboto. Tesis Program Studi Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I ; Prof. Dr. Abdul Rahmat, M.Pd dan Pembimbing II; Dr. Abd. Hamid Isa, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Experiental Learning terhadap hasil belajar, (2) Pengaruh Experiental Learning terhadap Motivasi Belajar, (3) Pengaruh secara bersama-sama antara Experiental Learning dan Motivasi belajar terhadap hasil belajar. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik paket B di SPNF SKB Limboto dengan jumlah sampel 20 orang. Adapun Teknik pengumpulan data, yakni : (1) tes hasil belajar, (2) Angket Motivasi Belajar dan (3) Angket Experiental Learning. Tekhnik Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah : (1) Uji Asumsu Klasik, (2) Uji Regresi Berganda, (3) Uji F, (4) Uji-T Hasil penelian ini menunjukan : (1) terhadapat pengaruh Experiental Learning terhadap hasil belajar. Hasil dari pengujian uji T , diperoleh nilai signifikasi 0,000326 dengan derajat kebebasan 95% atau ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������±=5%, maka Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh Experiental Learning terhadap hasil belajar. (2) Terdapat pengaruh metode Experiental Learning terhadap motivasi belajar. Hasil dari pengujian uji T, diperoleh nilai T = 0,0000465, dengan derajat kebebasan 95% atau a = 5%, maka Ha diterima yang artinya adanya pengaruh Experiental Learning terhadap Motivasi Belajar. (3) Terdapat pengaruh secara Bersama-sama antara Experiental Learning dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar. Metode pembelajaran Experiental Learning bahwa adanya pengaruh metode tersebut terhadap hasil yang hal itu sesuai dengan nilai signifikasi F = 0,000313, dimana nilai F-Hitung < 0,05, yang dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara bersamaan variable Experiental Learning dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Hal ini sesuai dengan persamaan regresi berganda yakni Y= 101,101 + 1,2436X����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½ + 1,1667X����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½ yang artinya, Ketika X����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½ dan X����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½ = 0. Maka Y = 101,101. Tetapi jika X����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½ naik 1 maka nilai Y juga naik sebesar 1,2436. Begitupun sebaliknya jika X����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½ naik 1, maka nilai y juga naik 1,1667. Kata Kunci : Hasil Belajar, Motivasi Belajar dan Experiental Learning
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011