Penulis / NIM
ANICE MODJO / 714520006
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN NON FORMAL
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ABD. HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. RUSDIN DJIBU, M.Pd / 0027046409
Abstrak
Anice Modjo. 2022. Pengembangan Model Kurikulum PAUD Berbasis Daring di TK Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Tesis Program Studi Pendidikan Nonformal Pascasarajana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I; Dr. Abd. Hamid Isa, M.Pd dan Pembimbing II; Dr. Rusdin Djibu, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kondisi objektif pembelajaran di era pandemi covid 19 di TK Sekecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. (2) Mengetahui model konseptual kurikulum PAUD berbasis daring di TK Sekcamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. (3) Mengetahui Implementasi model kurikulum PAUD berbasis daring di TK Sekecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kondisi faktual yang menjadi temuan penelitian dapat dikemukakan bahwa pada masa pandemi covid 19 saat ini kualitas pembelajaran pada anak TK menurun dikarenakan kurangnya kegiatan pembelajaran tatap muka. Orang tua menjadi pengganti Guru dalam memberikan pembelajaran melalui media online yang ada. Anak merasa bosan jika hanya selalu orang tua yang menjadi Guru bagi anak. (2) Komponen umum yang mendukung berlangsungnya kegiatan pembelajaran dengan menerapkan kurikulum PAUD berbasis daring adalah meliputi; pertama input, yaitu peserta didik, pendidik, dan kurikulum; kedua proses, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; ketiga output, yaitu hasil luaran yang diharapkan, (3) hasil implementasi dapat di kemukakan hasil uji efektivitas dari pengembangan model kurikulum PAUD berbasis daring dalam hal ini valid dan efektif. Sesuai hasil penelitian pada tahap implementasi model kurikulum PAUD berbasis daring dapat diuraikan bahwa persentase dari ujicoba kecil dan skala besar mengalami peningkatan secara signifikan akan tetapi perlu di lakukan supervisi sebagai penguatan metode pembelajaran daring bagi Guru PAUD.
Kata Kunci: Model Kurikulum, Pembelajaran Daring, dan PAUD
Download berkas