SKRIPSI

Penulis / NIM
ANICE MODJO / 714520006
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN NON FORMAL
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ABD. HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. RUSDIN DJIBU, M.Pd / 0027046409
Abstrak
Anice Modjo. 2022. Pengembangan Model Kurikulum PAUD Berbasis Daring di TK Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Tesis Program Studi Pendidikan Nonformal Pascasarajana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I; Dr. Abd. Hamid Isa, M.Pd dan Pembimbing II; Dr. Rusdin Djibu, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kondisi objektif pembelajaran di era pandemi covid 19 di TK Sekecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. (2) Mengetahui model konseptual kurikulum PAUD berbasis daring di TK Sekcamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. (3) Mengetahui Implementasi model kurikulum PAUD berbasis daring di TK Sekecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kondisi faktual yang menjadi temuan penelitian dapat dikemukakan bahwa pada masa pandemi covid 19 saat ini kualitas pembelajaran pada anak TK menurun dikarenakan kurangnya kegiatan pembelajaran tatap muka. Orang tua menjadi pengganti Guru dalam memberikan pembelajaran melalui media online yang ada. Anak merasa bosan jika hanya selalu orang tua yang menjadi Guru bagi anak. (2) Komponen umum yang mendukung berlangsungnya kegiatan pembelajaran dengan menerapkan kurikulum PAUD berbasis daring adalah meliputi; pertama input, yaitu peserta didik, pendidik, dan kurikulum; kedua proses, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; ketiga output, yaitu hasil luaran yang diharapkan, (3) hasil implementasi dapat di kemukakan hasil uji efektivitas dari pengembangan model kurikulum PAUD berbasis daring dalam hal ini valid dan efektif. Sesuai hasil penelitian pada tahap implementasi model kurikulum PAUD berbasis daring dapat diuraikan bahwa persentase dari ujicoba kecil dan skala besar mengalami peningkatan secara signifikan akan tetapi perlu di lakukan supervisi sebagai penguatan metode pembelajaran daring bagi Guru PAUD. Kata Kunci: Model Kurikulum, Pembelajaran Daring, dan PAUD
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011