Penulis / NIM
MITRA NURSITA JUSUF / 714520007
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN NON FORMAL
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstrak
Pengembangan Modul Pembelajaran Alam Berbasis Kepedulian Lingkungan di TK Se-Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango. Tesis Program Studi Pendidikan Nonformal Pascasarajana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I; Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing II; Dr. Asni Ilham, M.Si.
Tujuan penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kondisi objektif pembelajaran alam berbasis kepedulian lingkungan di TK Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango, (2) untuk mengetahui model konseptual pembelajaran alam berbasis kepedulian lingkungan di TK Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango, (3) untuk mengetahui implementasi modul pembelajaran alam berbasis kepedulian lingkungan di TK Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango. penelitian ini menunjukkan bahwa Modul pembelajaran alam berasis kepedulian lingkungan menghasilkan sebuah produk berupa Modul pembelajaran bagi anak usia dini di TK Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango. Modul ini telah layak digunakan oleh Guru TK sebagai sumber belajar dalam memberikan proses pembelajaran karena telah melalui uji validasi ahli, masing-masing oleh pakar ahli Pendidikan anak usia dini, ahli Bahasa Indonesia dan ahli desain media pembelajaran serta uji coba produk yang dilakukan oleh Guru TK. Namun demikian, produk ini masih memerlukan pengembangan lebih lanjut agar dapat diproduksi secara massal.
Kata Kunci: Pembelajaran alam, Kepedulian Lingkungan dan Modul
Download berkas