SKRIPSI

Penulis / NIM
SYAFRUDIN H. DUMBELA / 715517022
Program Studi
S2 - TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Abstrak
Syafrudin H. Dumbela. 2020. Pengembangan Pembelajaran IPS Di SMK Negeri 1 Wonosari Menggunakan Model Gagne. Tesis. Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo : Pembimbing I Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Nina Lamatenggo, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui gambaran pengembangan pembelajaran IPS selama ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Wonosari, Mengetahui langkah-langkah Pengembangan Pembelajaran IPS menggunakan Model Gagne di SMK Negeri 1 Wonosari, Mengetahui keefektivan Pengembangan Pembelajaran IPS menggunakan Model Gagne di SMK Negeri 1 Wonosari dalam meningkatkan hasil belajar IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Pendekatan dalam penelitian ini didasarkan pada pendapat Borg & Gall. Berdasarkan observasi penulis di lapangan, khususnya di SMK Negeri 1 Wonosari kegagalan dalam belajar rata-rata dihadapi oleh sejumlah siswa yang tidak memiliki dorongan belajar. Sehingga nilai rata-rata mata pelajaran IPS sangat rendah yaitu mencapai 50 % dari KKM. Hal ini disebabkan karena guru dalam proses belajar mengajar hanya menggunakan metode ceramah, tanpa menggunakan alat peraga, dan materi pelajaran tidak disampaikan secara kronologis. Dengan beberapa pertimbangan di atas, maka perlu dilaksanakan penelitian yang berjudul Pengembangan Pembelajaran IPS di SMK Negeri 1 Wonosari menggunakan Model Gagne. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan inovasi baru khususnya dalam pembelajaran IPS di SMK Negeri 1 Wonosari, untuk dapat memperbaiki permasalahan-permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran di sekolah. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah : 1). Kondisi awal yang ditemukan di SMK Negeri 1 Wonosari berdasarkan observasi, antara lain kegagalan dalam belajar rata-rata dihadapi oleh sejumlah siswa yang tidak memiliki dorongan belajar. Sehingga nilai rata-rata mata pelajaran IPS sangat rendah yaitu mencapai 50 % dari KKM. Dengan beberapa pertimbangan di atas, maka perlu dilaksanakan penelitian yang berjudul Pengembangan Pembelajaran IPS di SMK Negeri 1 Wonosari menggunakan Model Gagne. 2). Langkah-langkah pembelajaran pada Pelajaran IPS di SMK Negeri 1 Wonosari menggunakan Model Gagne dan Briggs adalah (1) Analisis dan Identifikasi Kebutuhan; (2) Penetapan Tujuan Umum dan Khusus; (3) Identifikasi Alternatif Cara Memenuhi Kebutuhan; (4) Merancang Komponen dari Sistem; (5) Analisis; (6) Kegiatan untuk Mengisi Kendala; (7) Memilih/Mengembangkan Materi IPS; (8) Merancang Prosedur Penelitian; (9) Uji Coba Lapangan: Evaluasi Formatif dan Pendidikan Guru; (10) Penyesuaian, Revisi dan Evaluasi Lanjut; (11) Evaluasi Sumatif; (12) Pelaksanaan Operasional. 3) Dari hasil perhitungan melalui Microsoft Excel, Interpretasi Hasil Analisis Statistik Uji Hipotesis t-test nilai t hitung yaitu sebesar -47,65 dan nilai t tabel yaitu 1,69 (> 0). Jadi dapat disimpulkan bahwa H1 ditolak dan Ho diterima, karena Rata-rata pembelajaran IPS sebelum mengikuti pembelajaran menggunakan model Gagne ����¯�¿�½ Rata-rata pembelajaran IPS setelah mengikuti pembelajaran menggunakan Model Gagne. Kata Kunci : Pengembangan Pembelajaran IPS, Siswa SMK, Model Gagne.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011