Penulis / NIM
DINCE MOUU / 715517025
Program Studi
S2 - TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Abstrak
DINCE MOWUU. 2020. Pengembangan Pembelajaran Model Saintifik Berbasis Motivasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V Di SDN 06 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Tesis. Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo: Pembimbing I Prof. Hamzah B. Uno, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Masri Kudrat Umar, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi awal hasil belajar IPA, mengetahui langkah-langkah pendekatan saintifik berbasis motivasi untuk meningkatkan hasil belajar IPA dan mengetahui efektivitas pendekatan saintifik berbasis motivasi dalam meningkatkan hasil belajar IPA kelas V di SDN 06 Paguyaman Kabupaten Boalemo.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang melalui 4 tahapan pelaksanaan yaitu; (1) melakukan studi atau penelitian awal untuk mencari temuan-temuan penelitian terkait produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk berdasarkan semua penelitian tersebut, (3) dilakukannya uji lapangan dalam seting atau situasi senyatanya dimana produk tersebut nantinya digunakan, dan (4) melakukan revisi untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan ditemukan dalam tahap-tahap uji lapangan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) Hasil observasi kelas V di SDN 06 Paguyaman dalam proses pembelajaran berdasarkan observasi pendahuluan yang ditemukan beberapa permasalahan antara lain: 1) guru masih lebih banyak mengggunakan metode ceramah, 2) kurangnya perhatian Guru untuk memunculkan kebermaknaan dalam pembelajaran, 3) Hasil belajar siswa khususnya dalam pelajaran IPA tergolong rendah, dan 4) kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini menggambarkan bahwa motivasi belajar siswa kelas V di SDN 06 Paguyaman dalam pembelajaran di sekolah masih sangat rendah. 2) Menurut Daryanto (2014), langkah-langkah pendekatan saintifik dalam pembelajaran adalah Mengamati (observasi), Menanya, Mengumpulkan informasi, Mengasosiasikan/ mengolah informasi, dan Mengkomunikasikan. 3) Uji hipotesis menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA dari 41.06 % meningkat menjadi 68.13 % dan kemudian 84.46%. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis Pendekatan Saintifik memiliki pengaruh terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas V pada Pelajaran IPA semester genap diterima.
Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar, dan Motivasi Belajar.
Download berkas