Penulis / NIM
AHMAD SETIADI / 715520002
Program Studi
S2 - TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Ir. SARDI SALIM, M.Pd / 0005076805
Abstrak
ABSTRAK
Ahmad Setiadi. 715 520 002. 2023. Evaluasi Penerapan Microsoft Office 365 Dalam Pembelajaran di SMA dan SMK Negeri Se Kabupaten Pohuwato. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi, Program Pasca Sarajana, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd., M.Pd dan Dr. Ir. Sardi Salim, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan Microsoft Office 365 dalam pembelajaran di SMA dan SMK Negeri Se Kabupaten Pohuwato. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif evaluasi model CIPP.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil evaluasi konteks (Context) ditemukan bahwa guru SMA dan SMK Negeri se Kabupaten Pohuwato aktif dalam mencari informasi terkait Microsoft office 365, aktif dalam mengikuti pelatihan secara reguler maupun melalui teman guru sehingga berbagai kebutuhan untuk pemanfaatan Microsoft office 365 bisa lebih maksimal untuk pembelajaran berbasis teknologi yang lebih inovatif. (2) Hasil evaluasi masukan (Input) ditemukan bahwa guru SMA dan SMK Negeri se Kabupaten Pohuwato mempersiapkan berbagai aspek penting untuk Input pembelajaran dengan teknologi Microsoft office 365, dimana Input yang utama adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, berbagai instrumen penilaian dan kemampuan guru yang memadai untuk merancang sebuah konten pembelajaran yang bisa membuat siswa berminat dan memiliki hasil belajar yang sesuai. (3) Hasil evaluasi proses (Process) ditemukan bahwa penerapan Microsoft office 365 dalam pembelajaran di SMA dan SMK Negeri se Kabupaten Pohuwato cenderung sudah berjalan dengan efektif karena adanya pandemi Covid-19 memaksa guru untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran sehingga proses pelaksanaan pembelajaran bisa berjalan dengan baik sesuai dengan target dan perencanaan yang ditetapkan. (4) Hasil evaluasi produk (Product) ditemukan bahwa guru di SMA dan SMK Negeri se Kabupaten Pohuwato telah mampu menghasilkan sebuah produk atau konten materi pelajaran yang memanfaatkan penerapan Microsoft office 365 dalam pembelajaran, dimana konten materi pembelajaran ini memberikan dampak yang positif untuk siswa menjadi lebih aktif belajar meskipun dilakukan secara daring, luring maupun hibryd serta mampu mendorong siswa memahami konsep dan konteks materi pelajaran dengan baik (hasil belajar meningkat).
Kata Kunci: Microsoft Office 365, Evaluasi CIPP, Teknologi Pembelajaran
.
Download berkas