Penulis / NIM
HAIDAR HASAN / 716519002
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstrak
ABSTRAK
Haidar Hasan, NIM. 716519002. Strategi Pembelajaran Guru PPKn Dalam Mengembangkan Karakter Siswa Kelas X di SMA Negeri I Tolitoli. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Zhulaecha Ngiu, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Udin Hamim, S.Pd.SH.M.Si. 2021.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh prespektif guru yang menganggap bahwa penyebab ketidakefektifan dan keefesienan pembelajaran diakibatkan karena penggunaan metode yang monoton seperti ceramah, serta kondisi siswa yang pasif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menemukan bagaimana strategi pembelajaran guru PPKn dalam mengembangkan karakter siswa kelas X SMA Negeri 1 Tolitoli; (2) Menemukan kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh guru PPKn dalam mengembangkan karakter siswa kelas X SMA Negeri 1 Tolitoli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan hasil dalam penelitian ini adalah (1) strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru PPKn masih memiliki kelemahan dalam mengakomodasi hal-hal yang dapat menunjang keaktifan siswa. Seperti halnya guru mengajarkan siswa membuat pertanyaan, mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan yang dapat menjadikan dasar penunjang pengembangan karakter siswa dalam pembelajaran yang disesuaikan dengan strategi yang digunakan yaitu metode diskusi yang menuntut keaktifan siswa dalam pembelajaran; (2) dalam pembelajaran tatap muka ditemukan respon siswa kelas X SMA Negeri 1 Tolitoli masih kurang sedangkan dalam pembelajaran online ditemukan bahwa tidak semua siswa dapat mengikuti kegiatan pembelajaran online, dikarenakan tidak semua siswa memiliki handphone dan juga berada di daerah yang tidak terkoneksi jaringan serta dalam proses pembelajaran berlangsung koneksi jaringan terkadang memburuk. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu: (1) strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru PPKn dalam mengembangkan karakter siswa kelas X SMA Negeri I Tolitoli menggunakan metode diskusi yang masih memiliki kelemahan dalam pembelajaran; (2) kendala-kendala yang dihadapi oleh guru PPKn dalam mengembangkan karakter siswa terdapat pada respon siswa kelas X SMA Negeri 1 Tolitoli dalam pembelajaran yang perlu diakomodasi dengan memberikan dasar penunjang keaktifan siswa dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Guru PPKn. Pengembangan Karakter Siswa Kelas X SMA Negeri I Tolitoli Dalam Pembelajaran
Download berkas