Penulis / NIM
MUHAMMAD PURKAN S. A. SINO / 716519003
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SASTRO M WANTU, SH., M.Si / 0003096605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstrak
ABSTRAK
Muhammad Purkan S.A Sino, 2021. ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½..."Strategi Satuan Pendidikan Dalam Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Sekecamatan LimbotoÃ���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã��Ã�¯Ã��Ã�¿Ã��Ã�½Ã���Ã��Ã�¯Ã���Ã��Ã�¿Ã���Ã��Ã�½Ã���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã���Ã��Ã�¯Ã���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã���Ã��Ã�¿Ã���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã���Ã��Ã�½Ã���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã��Ã�¯Ã��Ã�¿Ã��Ã�½Ã���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã���Ã��Ã�¯Ã���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã��Ã�¯Ã��Ã�¿Ã��Ã�½Ã���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã���Ã��Ã�¿Ã���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã��Ã�¯Ã��Ã�¿Ã��Ã�½Ã���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã���Ã��Ã�½Ã���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã��Ã�¯Ã��Ã�¿Ã��Ã�½Ã���Ã��Ã�¯Ã���Ã��Ã�¿Ã���Ã��Ã�½Ã���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã��Ã�¯Ã��Ã�¿Ã��Ã�½Ã���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã���Ã��Ã�ÂÂ. Program Studi PPKn, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran satuan pendidikan dalam penyelenggaraan pembeleajaran, kendala yang ditemukan satuan pendidikan dalam penyelenggaraan pembelajaran, dan strategi yang dilakukan satuan pendidikan dalam penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi. Pembimbing I Dr. Sastro M. Wantu, S.H, M.Si, dan pembimbing II Dr. Udin Hamim, S.Pd, S.H, M.Si.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kualitatif deskritif. Lokasi penelitian terletak di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Sekecamatan Limboto dan narasumbernya yaitu kepala-kepala satuan pendidikan yang berada di Kecamatan Limboto. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun data atau gambaran yang telah peneliti temukan kemudian di analisis satu persatu dengan menguraikan dan menjelaskan hasil-hasil penelitian yang telah peneliti temukan dalam bentuk kata-kata lisan maupun tertulis dari sejumlah data yang ada.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi satuan pendidikan dalam penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Sekecamatan Limboto sudah sesuai yaitu: 1) Peran satuan pendidikan dalam penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi khususnya di SMP Sekecamatan Limboto yakni dengan cara: a) Kerja sama dengan pemerintah daerah, b) Kerja sama dengan Satgas covid-19, dan c) Kerja sama dengan orang tua peserta didik. 2) Kendala-kendala yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi yakni masih ada siswa yang tidak memiliki leptop atau android sebagai alat penunjang pembelajaran daring. Tidak adanya kuota internet dari Kemendikbud ataupun satuan pendidikan untuk peserta didik, sehingga pembelajaran daring tidak terealisasikan dengan baik. Kemudian ada beberapa satuan pendidikan yang tidak memiliki akses jaringan internet dan terakhir adalah kurangnya motivasi peserta didik untuk melakukan pembelajaran daring ataupun luring. 3) Dari berbagai kendala yang dihadapi oleh satuan pendidikan sehingga strategi yang perlu dilakukan untuk menyelenggarakan pembelajaran di masa pandemik yakni : a) Menjalin kerja sama dengan pemerintah dan swasta disektor pendidikan, b) Sekolah menyediakan sarana dan prasarana, c) Kepala satuan pendidikan harus menyesuaikan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh sesuai dengan kondisi regional, d) Sekolah dan guru menjalin komunikasi dengan baik kepada orang tua/ wali pesrta didik, e) Guru-guru mata pelajaran melakukan kerjasama dengan satuan pendidikan, f) Memberikan otonom yang luas kepada kepala-kepala satuan pendidikan dalam hal menerapkan pembelajaran daring atau pembelajaran luring, g) Bekerja sama dengan satgas covid.
Kata-kata Kunci: Strategi Satuan Pendidikan, Daring/Luring.
Download berkas