SKRIPSI

Penulis / NIM
CICI DEWI HASTUTI MOKOAGOW / 716519006
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
ABSTRAK Cici Dewi H. Mokoagow, 2021 Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring/E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMKS Bina Taruna Gorontalo. Program Studi PPKn, Program Pascasarjana, Univesitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Hj. Zulaecha Ngiu, M,Pd, dan pembimbing II Dr. Sukarman Kamuli, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis daring/E-learning pada sekolah menengah kejuruan dimasa pemdemi covid-19. Untuk meneliti penerapan pembelajaran daring/E-lerning efektiv atau tidak dalam penerapan pembelajaran daring dilihat dari pelaksanaan yang dilakukan oleh kepala satuan pendidikan dan guru mata pelajaran dalam pelaksanaanya sesuai dengan pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah (BDR) pada masa darurat penyebaran covid-19 (surat edaran no. 15 tahun 2020). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunkan alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun data atau gambaran yang telah peneliti temukan kemudian di analisis satu persatu dengan menguraikan dan menjelaskan hasil-hasil penelitian yang telah peneliti temukan dalam bentuk kata-kata lisan maupun tertulis dari sejumlah data yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas pembelajaran berbasis daring/e-learning pada masa pandemi covid-19 di SMK S Bina Taruna Gorontalo dapat dikatakan kurang efektif dalam pelaksanaanya, dimana kepala satuan pendidikan telah melaksanakan tugas-tugasnya sesuai dengan surat edaran nomor. 15 tahun 2020 yang telah terlaksana sebanyak 88% sedangkan guru yaitu sebanyak 70%. Kendala yang di temukan adalah (1). Jaringan internet yang kurang stabil dan tidak menjangkau seluruh pelosok; (2). Kuota internet yang cukup mahal; (3). Sarana yang kurang mendukung dari segi siswa. Adapun yang menjadi temuan peneliti selama melakukan penelitian yang harus menjadi perhatian ialah semangat siswa yang kian menurun seiring pembelajaran daring terus dilakuakan. Kata-kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring/E-learning.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011