Penulis / NIM
DANIEL ADU / 716520001
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUCYANE DJAFAAR, M.Pa / 0006116804
Abstrak
Daniel Adu, NIM. 716520001.Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Zulaecha Ngiu, M.Pd dan Pembimbing II Dr.Lucyane Djafar, M.Pa. 2021.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengembangan nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) pada masa pandemic Covid-19 terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dungaliyo kabupaten Gorontalo.; (2) mengetahui faktor-faktor penghambat dalam pengembangan nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) pada masa pandemic Covid-19 terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dungaliyo kabupaten Gorontalo; (3) Mendekripsikan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam pengembangan nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) pada masa pandemic Covid-19 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dungaliyo kabupaten Gorontalo.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan hasil dalam penelitian ini adalah (1) pembelajaran PKn tetap dilaksanakan dalam pembelajaran dan pengembangan nilai-nilai karakter dengan baik. (2). faktor penghambat dalam pengembangan nilai-nilai karakter yaitu Masih ada siswa yang kurang antusias dan kurang peduli dalam pembelajaran PKn; (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam pengembangan nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) pada masa pandemic Covid-19 yaitu Guru menciptakan pembelajaran yang menarik dan mengerangkan. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu: (1) Proses pengembangan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) pada masa pandemi covid-19 berjalan dengan cukup baik dimana Guru selalu Menggunakan masker pada masa pandemi covid-19 ketika berada dilingkungan sekolah; (2) faktor penghambat dalam pengembangan nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) pada masa pandemic Covid-19 seperti Masih ada siswa sulit diarakan; (3) Upaya yang dilakukan Guru adalah memberikan pemahahan tentang pentingnya nilai-nilai karakter.
Kata Kunci: ��Ã..."Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Siswa SMP Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten GorontaloÃ��ÂÂ
Download berkas