Penulis / NIM
ROENANDER TANAIYO / 716520002
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SASTRO M WANTU, SH., M.Si / 0003096605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh strategi guru dalam pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis strategi guru dalam pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19 di SMK Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo; (2) menganalisis kendala apa saja yang dialami oleh guru dalam pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19 di SMK Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo; (3) menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19 di SMK Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan hasil dalam penelitian ini adalah (1) strategi guru dalam pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19 ialah mendatangkan siswa langsung kesekolah bagi yang rumahnya berdekatan dengan sekolah, dan bagi siswa yang merasakan kejenuhan dalam proses pembelajaran di masa pandemi covid-19 yaitu mengurangi waktu belajar dari 45 menit ke 35 menit, dan bagi siswa yang satu desa itu bisa bergabung dengan siswa yang lain yang ada di desa tersebut dan belajar di satu titik itu atau dilakukan Home Visite; (2). Kendala yang dialami oleh guru dalam pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19 yaitu jaringan yang tidak stabil; (3) faktor pendukung guru dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ini adalah media pembelajaran, jaringan internet, dan faktor penghambat guru dalam pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19 adalah kehadiran siswa dalam pembelajaran, keterbatasan waktu pembelajaran, dan yang terakhir adalah jaringan internet. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu: (1) Strategi guru dalam pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19 di SMK Negeri 1 Dungaliyo belum maksimal karena masih banyak siswa yang tidak memiliki HP, data internet, dan bahkan terkendala dengan jaringan yang kurang stabil; (2) Kendala yang dialami oleh guru dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ini seperti jaringan internet tidak stabil; (3) faktor pendukung guru dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ini adalah media pembelajaran, jaringan internet, dan faktor penghambat guru dalam pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19 adalah kehadiran siswa dalam pembelajaran, keterbatasan waktu pembelajaran, dan yang terakhir adalah jaringan internet.
Kata Kunci: Strategi Guru Dalam Pembelajaran PPKn Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo
Download berkas