Penulis / NIM
ABDUL KHAIR / 750315001
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Abstrak
ABSTRAK
ABDUL KHAIR. 2020. Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Matematika Berbasis Digital (Komputer dan Smartphone Android). Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Program Pendidikan Matematika. Pembimbing : (1) Dr. Tedy Machmud, M.Pd (2) Dr. Ali Kaku,M.Pd.
Penelitian ini bertujuan menghasilkan Instrumen Tes Hasil Belajar Matematika Berbasis Digital (Komputer dan Smartphone Android) dengan menggunakan model 4D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel. Model ini terdiri dari 4 langkah utama yaitu, Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran), namun kata keterbatasan peneliti pada penelitian ini dibatasi sampai pada tahap Development (Pengembangan)
Secara umum kualitas suatu produk pengembangan dilihat dari 3 (tiga) aspek validitas, kepraktisan dan keefektifan, akan tetapi pada instrumen Tes Hasil Belajar yang dikembangkan dalam pengembangan ini hanya dilihat dari 2 (dua) aspek saja yaitu validitas dan kepraktisan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi butir soal dan validasi Instrumen tes hasil belajar berbasis digital (komputer dan smartphone), serta lembar angket respon peserta didik dan lembar angket respon guru. Hasil penelitian mengungkapkan penilaian dari validator terhadap Instrumen Test Digital memperoleh kriteria valid dan dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam proses penilaian terutama penilaian yang menggunakan tes pilihan ganda. Penerapan instrumen tes hasil belajar berbasis digital mendapatkan respon positif dari guru dengan rata-rata persentase 86,55% dan respon positif dari peserta didik dengan rata-rata persentase 77.30%. Rata-rata persentase respon guru dan peserta didik ini berada dalam kategori sangat baik. Sehingga instrumen tes berbasis digital yang dikembangkan dapat dikatakan memenuhi kriteria kepraktisan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Instrumen Tes Hasil Belajar Berbasis Digital memenuhi aspek valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci : Penelitian dan Pengembangan, 4D,Tes,Digital, Validitas, Kepraktisan.
Download berkas