SKRIPSI

Penulis / NIM
NALGYS PUTI / 750315004
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ISMAIL DJAKARIA, M.Si. / 0024026403
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Abstrak
Nalgys Puti, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematika Peserta Didik Dikelas XI MIA SMA Negeri 1 Gorontalo Utara. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (2) Dr. H. Ismail Djakaria, M.Si, (II) Dr. Tedy Machmud, S.Pd. M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang perbedaan kecerdasan logis matematika peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berdasarkan masalah dan model pembelajaran langsung. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gorontalo Utara pada tahun ajaran 2016/2017 dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Treatment By Level desain 2 x 2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan tes uraian. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan uji anova dua jalur dan uji tuckey. Populasi terjangkau adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Gorontalo Utara, sampel diambil sebanyak 132 peserta didik. Hasil penelitian menemukan : (1) Hasil Belajar Matematika peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berdasarkan masalah lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang dibelajarkan model pembelajaran langsung pada materi Barisan dan Deret, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan logis matematika terhadap hasil belajar matematika dari peserta didik pada materi Barisan dan Deret, (3) Hasil belajar matematika pada kelompok siswa yang memiliki kecerdasan logis matematika tinggi yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung, (4) Hasil belajar matematika pada kelompok siswa yang memiliki kecerdasan logis matematika rendah yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah lebih rendah jika dibandingkan dengan yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Kata kunci : Barisan dan Deret, Kecerdasan Logis Matematika Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011