Penulis / NIM
HIKMAH / 750415007
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MOHAMAD ZUBAIDI, S.Pd., M.Pd / 0022106604
Abstrak
ABSTRAK
Hikmah, 2020. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Kepercayaan Diri dan Prososial Anak di TK Islam Al Hijrah Gorontalo. Tesis, Jurusan Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Asni Ilham, Msi, dan Dr. Mohamad Zubaidi, M.Pd.
Ada beberapa pola asuh yang umum diketahui oleh masyarakat, yaitu demokratis, otoriter, demokratis, permisif dan menelantarkan. Dalam praktiknya sebagian besar orang tua tidak mengetahui dampak dari pola asuh yang mereka terapkan. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keterkaitan pola asuh orang tua dalam membentuk kepercayaan diri dan pribadi prososial pada anak di TK Islam Al Hijrah Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kaitan pola asuh dengan kepercayaan diri dan prososial anak di TK Islam Al Hijrah Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pola asuh orang tua sangat mempengaruhi kepercayaan diri dan sikap prososial pada anak. Anak yang diasuh dan dibesarkan dengan pola asuh yang baik akan cenderung mau berbagi, bekerja sama, menolong teman juga memiliki keyakinan yang kuat atas kemampuan diri, bertanggung jawab dan memiliki penilaian positif atas dirinya.
Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Kepercayaan Diri dan Prososial
ABSTRACT
Hikmah, 2020. Parenting Patterns in Building Self-Confidence and Prosociality of Children in Al Hijrah Islamic Kindergarten, Gorontalo. Thesis, Department of Basic Education, Postgraduate at Gorontalo State University. Advisor 1 Dr. Asni Ilham, Msi, and Dr. Mohamad Zubaidi, M.Pd.
There are several parenting styles that are commonly known by the community, namely democratic, authoritarian, democratic, permissive and neglect. In practice, most parents do not know the impact of their parenting. The problem in this study is how the relationship between parenting styles in forming self-confidence and prosocial personality in children at Al Hijrah Islamic Kindergarten, Gorontalo. This study aims to determine the relationship between parenting and self-confidence and prosociality of children in Al Hijrah Islamic Kindergarten, Gorontalo. The method used in this research is qualitative. The data collection techniques used were observation and interviews.
This study concluded that parenting styles greatly affect self-confidence and prosocial attitudes in children. Children who are cared for and raised with good parenting tend to be willing to share, cooperate, help friends, also have a strong belief in their abilities, are responsible and have a positive assessment of themselves.
Keywords: Parenting Style, Self Confidence and Prosocial
Download berkas