SKRIPSI

Penulis / NIM
MINARTI DJAMA / 750515005
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. JUSNA AHMAD, M.Si / 0006046210
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. CHAIRUNNISAH JL, M.Si / 0021116603
Abstrak
ABSTRAK Djama, Minarti 2020 Pengembangan Buku Saku Ipa Biologi Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Sebagai Media Pembelajaran. Tesis Program Studi Pasca Sarjana Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Pembimbing (1). Dr. Jusna Ahmad, M.Si. (2) Dr. Chairunnisah J. Lamangantjo, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku saku berbasis research pada materi klasifikasi mahkluk hidup. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis research materi klasifikasi mahkluk hidup model R & D yang dilakukan melalui 10 langkah pengembangan kemudian di sederhanakan atas tiga tahap, yaitu (1) tahap eksplorasi, (2) tahap pengembangan prototipe, dan (3) tahap validasi produk, adapun produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah buku saku. Produk pengembangan yang dihasilkan kemudian divalidasi oleh ahli materi, ahli desain, dan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) buku saku berbasis research menurut ahli materi dari keselurah aspek penilaian untuk validasi buku saku adalah 93.75 % termasuk kualitas sangat baik, karena berada pada rentang 81% sampai 100%, (2) buku menurut ahli Desain keselurah aspek penilaian untuk validasi desain buku saku adalah 91.67 % , termasuk kualitas sangat baik, karena berada pada rentang 81% sampai 100%, (3) respon siswa terhadap keseluruhan aspek kualitas buku saku berada pada persentase 94 % dimana nilai ini termasuk pada kategori sangat baik karena berada pada rentang 81 sampai 100%. Kata Kunci: Buku saku, klasifikasi mahkluk hidup ABSTRACT Djama, Minarti 2020 "Development of Ipa Handbook of Biology on Classification of Living Things as Learning Media". Thesis of Postgraduate Study Program, Gorontalo State University (UNG). Advisor (1). Dr. Jusna Ahmad, M.Si. (2) Dr. Chairunnisah J. Lamangantjo, M.Si. This study aims to determine the quality of the research-based pocket book on the material classification of living things. The development of research-based learning tools for the classification of living things in the R & D model was carried out through 10 development steps and then simplified into three stages, namely (1) the exploration stage, (2) the prototype development stage, and (3) the product validation stage, as for the product. which is produced in this study is a pocket book. The resulting development products are then validated by material experts, design experts, and students. The results showed that (1) research-based pocket book according to material experts from all aspects of assessment for pocketbook validation was 93.75% including very good quality, because it was in the range of 81% to 100%, (2) books according to design experts in all aspects of the assessment for the validation of the pocket book design is 91.67%, including very good quality, because it is in the range of 81% to 100%, (3) the student response to all aspects of the quality of the pocket book is at a percentage of 94% where this score is included in the very good category because it is in the range 81 to 100%. Keywords: pocket book, classification of living things
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011