Penulis / NIM
JEFRIAN AKUTU / 7506142004
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Sc. YAYU INDRIATI ARIFIN, M.Si / 0030017802
Abstrak
ABSTRAK
JEFRIAN AKUTU. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Suhu dan Kalor di SMP Negeri 1 Kwandang. Program Studi Magister Pendidikan Fisika. Pembimbing I Prof. Dr. H. Mursalin, M.Si dan Pembimbing II Dr.Sc Yayu Indriati Arifin, S.Pd, M.Si
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis e-learning yang valid, praktis, dan efektif. Dan pengembangan (R & D) ini menggunakan model pengembangan 4D yaitu define, design, development, and disseminate. Desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest design dengan responden sebanyak 20 orang. Hasil penelitian ini adalah valid. Hal ini ditunjukkan oleh hasil validasi dari validator sebesar 5 validator. Hasil penelitian ini juga praktis dengan rata-rata keberlaksanaan pembelajaran selama 5 kali pertemuan sebesar 93% dan direspon positif terhadap angket apresiasi terhadap media e-learning. Demikian pula hasil penelitian ini adalah efektif berdasarkan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata memperoleh sebesar 0,72 pada kategori tinggi serta hasil penilaian aktivitas memenuhi kriteria sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran
Kata kunci: Perangkat pembelajaran, E-Learning, Hasil Belajar
ABSTRACT
JEFRIAN AKUTU. 2020. Development of E-Learning-Based Learning Devices to Improve Student Learning Outcomes on Temperature and Heat Materials at SMP Negeri 1 Kwandang. Physics Education Master Program. Advisor I Prof. Dr. H. Mursalin, M.Si and Advisor II Dr.Sc Yayu Indriati Arifin, S.Pd, M.Si
The purpose of this research is to develop and produce e-learning based learning tools that are valid, practical, and effective. And this development (R & D) uses the 4D development model, namely define, design, development, and disseminate. The research design used one group pretest-posttest design with 20 respondents. The results of this study are valid. This is shown by the validation results of the validators of 5 validators. The results of this study are also practical with an average implementation of learning for 5 meetings of 93% and responded positively to an appreciation questionnaire for e-learning media. Likewise, the results of this study are effective based on the improvement of student learning outcomes with an average of 0.72 in the high category and the results of the activity assessment meet the criteria very well used in the learning process.
Keywords: Learning tools, E-Learning, Learning Outcomes
Download berkas