Penulis / NIM
DJEFRY ALULU / 7507141005
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Abstrak
ABSTRAK
DJEFRY ALULU, 2020.Tesis, Pengelolaan Data Base Guru Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo, Program Studi S2 Manajeman Pendidikan Studi Administrasi Pendidikan. Pasca Sarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1), Prof. Dr. Phil, Ikhan Haris, M.Sc, Ph.D, Pembimbing (2) Dr. Hj. Nina Lamatenggo,SE, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat (1) Pengelolaan data base guru dalam perencanaan di setiap sekolah SMA Negeri se-Kota Gorontalo, (2) pengelolaan data base terhadap perorganisasian antara dinas pendidikan dan sekolah, (3) pengelolaan basis data terhadap pelaksanaan data guru sekolah SMA se-Kota Gorontalo, (4) Pengelolaan Basis Data Terhadap Eveluasi Data Guru Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kota Gorontalo di Provinsi Gorontalo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanotori yang bertujuan untuk menguji suatu teori atau hipotesis guna memperkuat tentang data sekolah, dan jenis penelitian ini melalui wawancara dan angket. Ruang lingkup penelitian ini yakni hakikatnya untuk mengetahui sejauhmana pengelolaan basis data guru oleh sekolah dalam penginputan data, yang diinput oleh administrasi sekolah, dan guru. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri sebagai acuan penelitian di 5 (lima) sekolah yakni : SMA Negeri 1,2,3,4, dan 5, dengan Responden Se-Kota Gorontalo. Penelitian dilaksanakan kepada sekolah jumlah sampel 30 orang yang terdiri dari terdiri dari 25 orang guru merangkap operator dan 5 orang pimpinan sekolah di SMA Negeri Se-Kota Gorontalo. Dari perolehan data menunjukkan bahwa pengelolaan basis data guru sekolah yang ada di Kota Gorontalo memperoleh data yang sangat baik terhadap pengelolaan datanya.
Kata Kunci : Pengelolaan Basis Data Guru, Akurat, dan terbarukan datanya.
Download berkas