Penulis / NIM
NURHAYATI MARALI / 751315032
Program Studi
S2 - ADMINISTRASI PUBLIK
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SASTRO M WANTU, SH., M.Si / 0003096605
Abstrak
ABSTRAK
Nurhayati Marali. 2020. Kinerja Aparatur Sipil Negara Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kejaksaan Tinggi Gorontalo. Program Studi S2 Administrasi Publik, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rosman Ilato, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Sastro Mustapa Wantu, SH., M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja pegawai dalam peningkatan kualitas pelayanan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan kinerja pegawai dalam peningkatan kualitas pelayanan di Kejaksaan Tinggi Gorontalo. Metode yang digunakan adalah Metode kualitatif. Data-data yang diperoleh berasal dari wawancara dengan jumlah informan sebanyak 13 orang, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian knerja pegawai dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada Kejaksaan Tinggi Gorontalo, menyimpulkan hal-hal sebagai berikut : 1. Kinerja pegawai dalam peningkatkan kualitas pelayanan pada Kejaksaan Tinggi Gorontalo yang difokuskan pada indikator sebagai berikut : a) Disiplin Kerja, b) Pemahaman atas Tupoksi c) Networking, d) Kualitas kerja, e) Keakuratan kerja dan f) Tanggung jawab. Secara umum sudah baik, yakni disiplin kerja, pemahaman tupoksi, kualitas kerja dan tanggung jawab kerja berjalan dengan optimal, namun hanya beberapa orang pegawai yang masih kurang disiplin dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaan. 2. Faktor-faktor yang menentukan kinerja pegawai dalam peningkatan kualitas pelayanan di Kejaksaan Tinggi Gorontalo yang difokuskan pada indikator sebagai berikut : a) Orientasi Pelayanan, b) Integritas, c) Disiplin, d) Komitmen, e) Kerja sama, f) Kepemimpinan. Secara umum sudah berjalan dengan baik, hal ini terlihat dari integritas, komitmen, disiplin, dan kerja sama telah dimiliki dan dibangun oleh setiap pegawai yang ada, serta gaya kepemimpinan yang menjadi role model yang diterapkan oleh pimpinan. adapun orientasi pelayanan perlu dibenahi dan lebih meningkatkan kinerja sumber daya manusia.
Kata kunci : Kinerja, Pegawai, Pelayanan.
Download berkas