SKRIPSI

Penulis / NIM
FATMAH TOME / 7601141002
Program Studi
S3 - LINGUISTIK TERAPAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
Fatmah Tome 2022. Pengembangan Pembelajaran Keterampilan Berbicara Melalui Drama Berbasis Kewirauhasaan di SMK. Program Studi Doktor Pendidikan Bahasa Promotor Prof. Dr. Sayama Malabar, M.Pd, Ko Promotor 1. Dr. Asna Ntelu, M.Hum, Ko Promotor II Dr. Fatmah Ar.Umar, M.Pd. Permasalahan penelitian ini didasari oleh fakta bahwa pembelajaran keterampilan berbicara melalui Drama di SMK Negeri 3 Gorontalo belum meningkatkan perilaku kewirausahaan peserta didik. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang dilaksanakan masih bersifat konvensional dengan lebih banyak pemberian teori. Pembelajaran keterampilan berbicara yang dilaksanakan hanya terbatas pada transfer ilmu kepada peserta didik. Upaya yang ditempuh mengatasi masalah tersebut adalah mengembangkan Pembelajaran Kketerampilan Berbicara Melalui Drama berbasis kewirausahaan di SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan 1). Mendeskripsikan kondisi objektif pembelajaran keterampilan berbicara peserta didik di SMK, 2). Mengembangkan desain pembelajaran keterampilan berbicara melalui drama berbasis kewirausahaan di SMK, 3). Mendeskripsikan kelayakan pembelajaran keterampilan berbicara melalui drama berbasis kewirausahaan di SMK, 4). Menghasilkan efektivitas pembelajaran keterampilan berbicara melalui drama berbasis kewirausahaan di SMK Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Prosedur penelitian meliputi kegiatan: (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan pembelajaran keterampilan berbicara, (Disain produk,validasi disain,revisi disain, ujicoba produk,disain ujicona). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perilaku kewirausahaan peserta didik pada pembelajaran keterampilan berbicara melalui drama pada awalnya masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang dilaksanakan masih bersifat konvensional. (2) Pengembangan pembelajaran keterampilan berbicara melalui drama berbasis kewirausahaan yang menitikberatkan pada kegiatan praktis dalam pelaksanaannya, dan sekaligus merupakan sebuah intervensi pembelajaran untuk meningkatkan perilaku kewirausahaan peserta didik. 40. uji kelayakan baik melalui analisis kualitas pembelajaran dan penilaian ahli dan praktisi serta telah disempurnakan dan diujicobakan. (3) efektivitas model keterampilan berbicara melalui drama berbasis kewirausahaan yang dikembangkan, telah menunjukkan efektivitas dalam perolehan hasil belajar yang didukung oleh sistematika dan hubungan antar komponen yang adaptif sehingga dapat dilaksanakan oleh guru dan oleh peserta didik dalam melakukan upaya pengembangan perilaku kewirausahaan. Temuan penelitian ini menunjukkan pembelajaran keterampilan berbicara melalui drama berbasis kewirausahaan yang dikembangkan telah menunjukkan efektivitas dalam perolehan hasil belajar yang didukung oleh sistematika dan hubungan antar komponen yang adatif sehingga dapat dilaksanakan oleh guru sebagai sumber belajar dam oleh peserta didik dalam melakukan upaya kewirausahaannya. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Drama, Kewirausahaan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011