Penulis / NIM
HERLINA KARSON YASIN / 7601141003
Program Studi
S3 - LINGUISTIK TERAPAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MOH. KARMIN BARUADI, M.Hum / 0026105810
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. HASANUDDIN, M.Hum / 0031126374
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kegiatan guru dalam merencanakan pembelajaran dalam jaringan, meliputi silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran. (2) kegiatan guru dalam proses pembelajaran dalam jaringan, meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup, (3) proses penilaian pembelajaran dalam jaringan. Meliputi: sikap, keterampilan dan pengetahuan. (4) memberikan panduan pembelajaran dalam jaringan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran daring
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kegiatan guru dalam merencanakan pembelajaran dalam jaringan, meliputi: perencanaan silabus mata pelajaran, dan rencana pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan setiap awal semester.(2) Kegiatan guru dalam pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan, meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan pembelajaran tersebut dilaksanakan melalui jaringan internet dengan memanfaatkan aplikasi portal merdeka mengajar, google classroom, google meet, google formulir, zoom could meeting, whatshap group dan aplikasi lainnya. (3) Penilaian guru dalam proses pembelajaran dalam jaringan meliputi: penilaian sikap, keterampilan dan pengetahuan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran tidak sinkron.
Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Daring, SMA se-Kota Gorontalo
Download berkas