SKRIPSI

Penulis / NIM
JHEMS RICHARD HASAN / 7601141005
Program Studi
S3 - LINGUISTIK TERAPAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. HASANUDDIN, M.Hum / 0031126374
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. HARTO S. MALIK, M.Hum / 0004106604
Abstrak
Disertasi ini membahas tentang pengembangan pendekatan berbasis genre yang digunakan dalam pembelajaran essay writing diintegrasikan dengan pemanfaatan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang pengembangan silabus, rencana pembelajaran, panduan implementasi penggunaan Genre Based Approach yang terintegrasi dengan ICT dalam pembelajaran essay writing; dan terakhir untuk mengetahui apakah Genre Based Approach yang terintegrasi dengan ICT efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran writing. Teori tentang pendekatan berbasis genre yang dikembangkan dalam penelitian ini berasal dari Jim Martin dan John Swales (1990) yang kemudian oleh Callaghan dan Rothery (1993) dibuat dalam bentuk teaching learning cycle, meliputi modeling (stage one), Joint construction of a new text (Stage two) dan Independent construction of a new text (Stage three). Berdasarkan penelitian awal tentang analisis kebutuhan dan beberapa penelitian sebelumnya, meskipun teori ini sangat populer, tetapi memiliki beberapa kelemahan yang kemudian oleh peneliti coba dikembangkan menjadi sebuah pendekatan dengan wajah baru. Metode penelitian yang digunakan dalam disertasi ini adalah Research and Development (R&D) Borg & Gall dengan beberapa langkah utama antara lain yaitu: need analysis, perencanaan, pengembangan, Uji coba produk, validasi ahli, revisi produk akhir, dan diseminasi. Dalam penelitian ini, dilakukan pula test untuk mengetahui apakah produk yang dikembangkan ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menghasilkan sebuah tahapan genre based approach baru dalam pembelajaran writing yang terintegrasi dengan teknologi, dan desain silabus serta rencana pembelajarannya. Penelitian ini juga menghasilkan panduan pelaksanaan pembelajaran dilengkapi dengan materi dan rubrik penilaian. Hasil test yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Pendekatan genre based approach dengan integrasi ICT dalam pembelajaran writing efektif dilihat dari adanya peningkatan hasil tulisan siswa setelah penerapan pendekatan yang baru. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan genre based dalam pembelajaran essay writing menjadi lebih efektif dengan adanya integrasi ICT kedalam setiap tahapannya. Hasil penelitian ini dapat menjadi sebuah alternatif dalam pembelajaran writing, terutama dimasa pandemi sekarang ini.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011