Penulis / NIM
FAIZAL FATAH SN. TULI / 760215002
Program Studi
S3 - PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Abstrak
ABSTRAK
Faizal F. Tuli. Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Model Pembelajaran Gal'perin Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo. Disertasi Program Pascasarjana Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Promotor : Prof. Dr. H. Hamzah B. Uno, M.Pd, Co. Promotor I : Prof. Dr. Hj. Evi Hulukati, M.Pd, Co. Promotor II : Dr. Hj. Nina Lamatenggo, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini didasarkan pada kenyataan bahwa pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah belum optimal. Dan untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan upaya penelitian dan pengembangan bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam. Bahan ajar yang dimaksud adalah bahan ajar yang berbasis model pembelajaran Gal'perin pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Bahan ajar ini diteliti dan dikembangkan menggunakan penelitian dan pengembangan model four - D.
Tujuan penelitian ini yakni : (1) mengungkapkan bagaimana kondisi bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam yang digunakan selama ini di kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo, (2) mengungkapkan bagaimana kualitas bahan ajar berbasis model pembelajaran Gal����¯�¿�½����perin pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI Madrasah Aliyah, (3) menguji kepraktisan dan keefektifan produk bahan ajar berbasis model pembelajaran Gal����¯�¿�½����perin pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam yang selama ini digunakan di kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo belum memadai, (2) kualitas bahan ajar berbasis model pembelajaran pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam memiliki nilai dengan kriteria sangat.valid, (3) pengujian produk bahan ajar berbasis model pembelajaran Gal����¯�¿�½����perin kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo memiliki nilai dengan kriteria sangat praktis dan efektif untuk digunakan
Untuk kualitas bahan ajar diperoleh melalui hasil penilaian tim ahli,, yakni : (1) aspek materi dengan nilai rata ����¯�¿�½" rata 94,3, (2) aspek bahasa dengan nilai rata ����¯�¿�½" rata 89,5 dan (3) aspek media dengan nilai rata ����¯�¿�½" rata 87. Sedangkan hasil pengujian produk hahan ajar, yakni (1) nilai kepraktisan melalui penilaian peserta didik dapat diperoleh nilai rata - rata 90,6, (2) nilai keefektifan melalui penilaian guru dapat diperoleh nilai rata - rata 92,97 dan uji statistik hasil belajar pretest dan postest dapat diperoleh asymp. sig ����¯�¿�½ 0,05 yaitu 000.
Kata Kunci : Bahan Ajar, Sejarah Kebudayaan Islam, Model Pembelajaran Gal'perin, Madrasah Aliyah.
Download berkas