Penulis / NIM
DEWI HARUN / 760415002
Program Studi
S3 - PENDIDIKAN IPA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Abstrak
ABSTRAK
Dewi Harun. 760 415 002. 2022. Profil Kemampuan Pedagogik Guru Sekolah Dasar Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Berbasis Saintifik dan Keteramplan Berpikir Tingkat Tinggi. Tesis Program Studi S3 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Gorontalo. Promotor : Evi P. Hulukati; Co-Promotor I : Ani M. Hasan; Co-Promotor II : Jusna Ahmad
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan pedagogik guru sekolah dasar dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik berbasis saintifik dan keteramplan berpikir tingkat tinggi di sekolah dasar terakreditasi A (SDN 4 Talaga Jaya), sekolah dasar terakreditasi B (SDN 5 Limboto) dan sekolah dasar terakreditasi C (SDN 19 Tibawa). Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui lembar observasi dan wawancara. Pendekatan penelitian yakni kualitatif. Adapun analisis data menggunakan metode dari Miles & Huberman.
Temuan dan hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kemampuan pedagogik guru pada sekolah dasar terakreditasi A (SDN 4 Talaga Jaya) dalam merencanakan pembelajaran berada pada kriteria baik. (2) kemampuan pedagogik guru pada sekolah dasar terakreditasi B (SDN 5 Limboto) dalam merencanakan pembelajaran berada pada kriteria baik. (3) kemampuan pedagogik guru pada sekolah dasar terakreditasi C (SDN 19 Tibawa) dalam merencanakan pembelajaran berada pada kriteria baik. (4) kemampuan pedagogik guru pada sekolah dasar terakreditasi A (SDN 4 Talaga Jaya) dalam melaksanakan pembelajaran berada pada kriteria baik.
(5) kemampuan pedagogik guru pada sekolah dasar terakreditasi B (SDN 5 Limboto) dalam melaksanakan pembelajaran berada pada kriteria baik. (6) kemampuan pedagogik guru pada sekolah dasar terakreditasi C (SDN 19 Tibawa) dalam melaksanakan pembelajaran berada pada kriteria cukup baik.
(7) kemampuan pedagogik guru pada sekolah dasar terakreditasi A (SDN 4 Talaga Jaya) dalam melakukan evaluasi pembelajaran berada pada kriteria yang baik. (8) kemampuan pedagogik guru pada sekolah dasar terakreditasi B (SDN 5 Limboto) dalam melakukan evaluasi pembelajaran berada pada kriteria baik. (9) Kemampuan pedagogik guru pada sekolah dasar terakreditasi C (SDN 19 Tibawa) dalam melakukan evaluasi pembelajaran berada pada kriteria cukup baik. Melalui hasil ini maka penting bagi stakeholder pendidikan untuk terus berupaya untuk melakukan pengembangan kapasitas (capacity building) bagi guru yakni dengan penguatan kompetensi pedagogik guru berbasis Multiple Intelegensi sehingga guru memiliki kecakapan intelektual, emosional dan spiritual sebagai guru penggerak dalam mendukung merdeka belajar di tingkat sekolah dasar.
Kata kunci: Kompetensi Pedagodik, Sekolah Dasar, HOTS
Download berkas