Penulis / NIM
GAMAR ABDULLAH / 760415004
Program Studi
S3 - PENDIDIKAN IPA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RAMLI UTINA, M.Pd. / 0004085507
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi pembelajaran IPA berbasis strategi metakognitif di Sekolah Dasar (SD) Kota Gorontalo berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 22 Tahun 2016 yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model Countenance Stake. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan pelaksanaan pembelajaran IPA berbasis strategi metakognitif berada dalam kategori cukup (68,94%); (2) Pelaksanaan pembelajaran sekolah IPA berbasis strategi metakognitif di SD Kota Gorontalo mencapai kategori cukup dengan perolehan skor 69,79%; (3) Aktualitas ketercapaian hasil belajar IPA adalah 86,93% dengan kategori sangat baik; (4) Terdapat contingency antara perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran IPA berbasis metakognitif di SD Kota Gorontalo. Tetapi, tidak terdapat contingency antara perencanaan dan pelaksanaan dengan hasil belajar IPA. Perencanaan pembelajaran dengan kategori yang cukup menyebabkan guru melaksanakan pembelajaran belum sesuai standar proses dan indikator strategi metakognitif, tetapi tidak sesuai dengan hasil belajar peserta didik yang telah memenuhi KKM dengan kategori sangat baik.
Download berkas