Penulis / NIM
MEYLAN SALEH / 760415009
Program Studi
S3 - PENDIDIKAN IPA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. NOVRI YOULA KANDOWANGKO, M.P / 0010116809
Abstrak
ABSTRAK
MEYLAN SALEH. 2022. Pengembangan Model Pembelajaran Mordiscvein Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Promotor : Sarson W.Dj. Pomalato; Co-Promotor I : Novri Y. Kandowangko dan Co-Promotor II : Opir Rumape.
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran Mordiscvein (opening surprise, ice breaking, merumuskan langkah eksperimen melalui estafet, publikasi data, menemukan fakta melalui rise hand, merangkai kata kunci menjadi kesimpulan) yang berkualitas pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi fotosintesis di Sekolah Dasar kelas IV di Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang mencaku pada desain model ADDIE yaitu analisis, design, develop, implelmetasi dan evaluasi. Penelitian pengembangan ini telah menghasilkan model pembelajaran Mordiscvein dengan sintaks sebagai berikut: a). opening surprise; b) ice breaking; c) merumuskan langkah eksperimen melalui estafet; d) publikasi data; e) menemukan fakta melalui rise hand; f) merangkai kata kunci menjadi kesimpulan. Kualitas model ditunjukkan oleh indikator : a). Valid dan layak menurut penilaian ahli dan pengguna; b). Praktis ditinjau dari segi : 1) Keterlaksanaan proses berada pada kategori 88.89% dan pada uji coba terbatas meningkat 89.3% pada kelas uji coba meluas 2) Respon siswa berada pada kategori sangat baik 96,8%, 98,3% dan 95,2% pada kelas uji coba terbatas sedangkan pada kelas uji coba meluas diperoleh 94,33% sangat baik dan 5,67% baik. c). Efektif ditinjau dari segi : 1) Aktivitas siswa dengan kategori sangat baik 95% dan 5% baik pada uji coba terbatas, sedangkan pada uji coba meluas meningkat menjadi 97,2% sangat baik dan 2,8% baik dan 2) Penguasaan konsep siswa pada uji coba terbatas diperoleh 74,64% tuntas dan meningkat menjadi 100% pada uji coba meluas. Dengan demikian model pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan berdasarkan penilaian dari 5 orang validator dan pengguna, dengan hasil validitas isi sebesar 96,8% dengan katergori sangat valid dan viliditas konstruk sebesar 95% dengan kategori sangat valid. Skor ini masuk pada kategori sangat layak sehingganya model pembelajaran ini sangat layak digunakan pada muatan pelajaran IPA kelas IV SD.
Kata kunci: Mordiscvein, IPA, Valid, Praktis, Efektif
Download berkas