SKRIPSI

Penulis / NIM
HARTON KAU / 811409113
Program Studi
S1 - KESEHATAN MASYARAKAT
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTO KADIR, M.Kes / 0018096605
Pembimbing 2 / NIDN
LIA AMALIA, S.KM, M.Kes / 0029117909
Abstrak
Keluarga mempunyai tugas, fungsi, dan peran yang sangat penting dalam menuntun dan mengarahkan proses pertumbuhan dan perkembangan emosi, berpikir, dan sosial psikologis serta rohani anak menuju kematangan yang cerdas, terampil, dan berbudi pekerti yang luhur. Namun tidak semua anak dapat melalui masa tumbuh kembangnya dengan optimal karena mengalami gangguan. Hal ini memberikan pengaruh pada perilaku keluarga terhadap anak. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimanakah perilaku keluarga terhadap prestasi anak autis di SLB Kota Gorontalo. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran perilaku keluarga terhadap prestasi anak autis di SLB Kota Gorontalo. Populasi pada penelitian ini yaitu 14 Orang Tua/Wali anak autis. Sampel pada penelitian ini yaitu seluruh Orang Tua/Wali anak autis. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode wawancara. Sebelum itu dilakukan rekapitulasi nilai akademik anak autis 2 Semester terakhir. Rekapitulasi nilai tersebut dilakukan untuk mengetahui anak autis mana yang mengalami peningkatan dan penurunan prestasi. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Pengolahan data menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian didapatkan bahwa perilaku Orang Tua/Wali Acceptance(27,27 %), Permissiveness serta Submission masing-masing 9,09 % dapat membuat prestasi anak meningkat. Perilaku Over Protection, Rejection, dan Over Discipline masing-masing 18,18 % membuat prestasi anak menurun. Diharapkan para Orang Tua/Wali untuk dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai referensi dalam membentuk sikap anak yang dapat mengukir prestasi, dan juga sebagai bahan kajian pustaka bagi stakeholder terkait untuk pemenuhan gizi anak autis. Kata Kunci : Perilaku, Keluarga, Prestasi Anak, Autis Family has important task, function and role in guiding and directing process of growth and development of emotion, thought, social psychological and children's spiritual to intelligent maturity, skilled and noble character. Yet, not all of children are able to go through their growth optimally since they have disorder. It gives influence to behavior of family towards children. Problem statement of this researh is how behavior of family towards achievement of autism child in Special School of Gorontalo City is. This research aims at finding out description of family behavior towards achievement of autism child in Special School in Gorontalo City. Population of this research are 14 parents/guardians of autism children, while samples are whole parents/guardians of autism children. This research is done by applying interview. Previously, academic score of autism children for 2 last semesters is recapitulated. It is done to find out which autism children experiencing improvement and reduction of achievement. This research applies descriptive qualitative method. Data are processed by applying frequency distribution. Finding show that behavior of parents/guardian, Acceptance (27,27 %), Permissiveness and Submission is 9,09 % for each can raise children's achievement. Behavior of Over Protection, Rejection and Over Discipline is 18,18 % for each make children's achievement is decreased. Thus, parents/guardians are expected to make this research as reference in forming children behavior that are able to reach achievements and also as literature review for stakeholder related to nutrition fulfillment of autism children.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011