Penulis / NIM
LOYS MARSELA TULIYABU / 811410118
Program Studi
S1 - KESEHATAN MASYARAKAT
Pembimbing 1 / NIDN
Dr HERLINA JUSUF, Dra., M.Kes / 0001106308
Pembimbing 2 / NIDN
LIA AMALIA, S.KM, M.Kes / 0029117909
Abstrak
ABSTRAK
Loys Marsela Tuliyabu, 811410118. Studi Mutu Pelayanan Kesehatan, Harga Dan Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Prof.Dr.H.Aloei Saboe Gorontalo. Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Herlina Jusuf, Dra., M.Kes dan Pembimbing II Lia Amalia, SKM, M.Kes
Rumah sakit menjadi ujung tombak pembangunan dan pelayanan kesehatan, harga dan kualitas pelayanan sangat penting guna mencapai kepuasan pasien. Rumusan permasalahannya adalah Bagaimana Mutu Pelayanan Kesehatan, harga dan kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Aloei Saboe?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Mutu Pelayanan Kesehatan, harga dan kepuasan pasien.
Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan survei deskriptif. Populasi adalah semua pasien umum di ruang Rawat Inap pada saat penelitian berlangsung yang berjumlah 129 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara Purposive sampling, yang berjumlah35 orang. Pengujian data dilakukan dengan cara manual, instrumen yang digunakan adalah kuesioner.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Aloei Saboe dilihat dari kategori responsiveness 40,0 %, assurances 37,2 % adalah sangat puas, tangible 34,3 %, reliable 42,9 %, harga 42,85 % adalah puas, Sedangkan untuk kategori empathy42,9 % adalah tidak puas.
Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara mutu pelayanan dan harga terhadap kepuasan pasien, dari enam kategori penilaian terhadap kepuasan 17 (48,57 %) pasien merasa puas terhadap pelayanan rumah sakit aloei saboe.Rumah sakit sebagai penyedia layanan sebaiknya lebih memprioritaskan kualitas pelayanan terhadap pasien dengan melakukan pelayanan sesuai prosedur yang telah ditentukan.
Kata Kunci : Mutu Pelayanan, Harga, Kepuasan Pasien.
Download berkas