SKRIPSI

Penulis / NIM
BRATA NURHAJI SUGEHA / 811411092
Program Studi
S1 - KESEHATAN MASYARAKAT
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RAMA HIOLA, Dra.,M.Kes / 0024035403
Pembimbing 2 / NIDN
dr. SRI MANOVITA PATEDA, M. Kes / 0001118004
Abstrak
ABSTRAK Brata Nurhaji Sugeha, 2015. Pengaruh promosi kesehatan dengan metode edutainment terhadap perubahan tingkat pengetahuan siswa tentang penyakit HIV/AIDS di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan S1 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Hj. Rama P. Hiola, Dra, M.Kes dan Pembimbing 2 dr. Sri Manovita Pateda, M.Kes Di Indonesia promosi kesehatan sering disebut dengan penyuluhan kesehatan. Penyuluhan/pendidikan kesehatan adalah penambahan pengetahuan dan kemampuan seseorang melalui tehnik praktik belajar atau instruksi dengan tujuan mengubah atau mempengaruhi perilaku manusia baik secara individu, kelompok maupun masyarakat untuk dapat lebih mandiri dan mencapai tujuan hidup sehat. Rumusan masalah adalah apakah ada pengaruh promosi kesehatan dengan metode edutainment terhadap perubahan tingkat pengetahuan siswa tentang penyakit HIV/AIDS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi kesehatan dengan metode edutainment terhadap perubahan tingkat pengetahuan siswa tentang penyakit HIV/AIDS di SMA Negeri 1 Gorontalo. Jenis penelitian adalah pre eksperimenal dengan rancangan One Group pre test " post test with control. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI berjumlah 388 orang dan sampel pada penelitian ini berjumlah 60 orang. Tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji T berpasangan. Hasil penelitian menunjukan, ada pengaruh promosi kesehatan dengan metode edutainment terhadap perubahan tingkat pengetahuan siswa tentang penyakit HIV/AIDS di SMA Negeri 1 Gorontalo dengan nilai = 0,000. Kesimpulan tingkat pengetahuan siswa sebelum promkes sebesar 80%, tingkat pengetahuan siswa sesudah promkes sebesar 100% dan ada perbedaan pengetahuan siswa sebelum dan sesudah. Disarankan untuk pihak sekolah agar dapat menambah lagi frekuensi kegiatan pendidikan kesehatan/penyuluhan, dalam hal ini pendidikan kesehatan mengenai HIV/AIDS dan bila perlu memasukan materi tentang HIV/AIDS ke dalam kurikulum misalnya dalam mata pelajaran biologi. Kata Kunci : Promkes, Edutainment, HIV/AIDS
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011