Penulis / NIM
CHERYA KIRANA TANGKE / 811412027
Program Studi
S1 - KESEHATAN MASYARAKAT
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTO KADIR, M.Kes / 0018096605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. IRWAN, SKM., M.Kes / 0007087205
Abstrak
ABSTRAK
Cherya Kirana Tangke. 2016. Hubungan Status Gizi dengan Kemampuan Visual Motorik dan Numerik Murid Taman Kanak-Kanak Kristen Maesa Kota Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sunarto Kadir, Drs., M.Kes. Pembimbing II Dr. Irwan, SKM., M. Kes. Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Universitas Negeri Gorontalo.
Zat-zat gizi yang dikonsumi anak akan berpengaruh pada status gizinya. Perbedaan status gizi memiliki pengaruh yang berbeda pada setiap perkembangan anak, jika kebutuhan gizi yang seimbang tidak terpenuhi dengan baik maka pencapaian pertumbuhan dan perkembangan anak akan terhambat. Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu apakah terdapat hubungan antara status gizi dengan kemampuan visual motorik dan apakah terdapat hubungan antara status gizi dengan kemampuan numerik murid Taman Kanak-Kanak Kristen Maesa.
Penelitian ini merupakan penelitian survei analitik dengan menggunakan rancangan penelitian Cross Sectional. Penelitian dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Kristen Maesa Kota Gorontalo. Sampel penelitian adalah anggota populasi. Teknik ini disebut Total Sampling.
Hasil uji Korelasi Spearman Rank untuk hubungan antara status gizi dengan kemampuan visual motorik menunjukkan nilai P 0,086 (P > 0,05), berarti tidak ada hubungan yang signifikan antara status gizi dengan kemampuan visual motorik murid Taman Kanak-Kanak Kristen Maesa. Untuk hubungan antara status gizi dengan kemampuan numerik menunjukkan nilai P 0,050 (P â 0,05), berarti tidak ada hubungan yang signifikan antara status gizi dengan kemampuan numerik murid Taman Kanak-Kanak Kristen Maesa.
Kesimpulannya tidak ada hubungan yang signifikan antara status gizi baik dengan kemampuan visul motorik dan numerik. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya menggalih lebih dalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan seperti konsumsi makanan, infeksi, lingkungan, sosial ekonomi keluarga.
Kata kunci : status gizi, visual motorik, numerik anak.
ABSTRACT
Cherya Kirana Tangke. 2016. The Correlation of Nutritional Status and The Visual Motoric and Numeric ability of the students in Christian Kindergarten Maesa of Gorontalo city. Principal Supervisor is Dr. Sunarto Kadir, Drs., M.Kes. and Co-supervisor is Dr. Irwan, SKM., M. Kes. Public Health Department. Faculty of Sports and Health. State University of Gorontalo.
Nutrition consumed by children will influence their nutritional status. Nutritional status differences have different effect on children development. If a delayed. In this research, there are two issues addressed, first, whether it is true that there is a correlation between nutritional status and the visual motoric ability, and second, whether there is a correlation between nutritional status and the numeric ability of the students in Christian Kindergarten Maesa of Gorontalo city.
This is an analytical survey with cross-sectional approach. This research is conducted in Christian Kindergarten Maesa of Gorontalo city. The sample of this research is also the population of this research taken using total sampilnh method.
Spearmen rank correlation test for the correlation between nutritional status and the visual motoric ability yields the p velue of 0,086 (P>0,05) which means that there is no significant correlation between nutritional status and the visual motoric ability of the students in Christian Kindergarten Maesa of Gorontalo city. For the correlation between nutritional status and the numeric ability show the p value of 0,050 (Pࣔ,050), which means that there is no significant correlation between nutritional status and numeric ability of the students in Christian Kindergarten Maesa of Gorontalo city.
The conclusion of this research is that there are no significant correlation between visual motoric and numeric ability. It is recommended to the further research to investigate deeper into the factors that influence the development of children such as food intake, infection, environment, socio economic of the family.
Keywords: nutrition status, visual motoric, child numeric
Download berkas