Penulis / NIM
NUR AZIZAH KATILI / 811413073
Program Studi
S1 - KESEHATAN MASYARAKAT
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTO KADIR, M.Kes / 0018096605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LAKSMYN KADIR, S.Pd., M.Kes / 0014037503
Abstrak
Abstrak
Prestasi belajar merupakan suatu hal yang dibutuhkan siswa untuk mengetahui kemampuanya dari kegiatan belajar. Perilaku makandan status gizi erat kaitannya dalam usahameningkatkan prestasi belajar terutama dengan situasi siswa sekarang yang menjalani full day school. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada korelasi antara perilaku makan dan status gizi dengan prestasi belajar siswa program full day school di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo dengan tujjuan penelitian adalah untuk mengetahui korelasi antara perilaku makan dan status gizi dengan prestasi belajar siswa program full day school. Jenis penelitian yang digunakan adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Pada pengambilan 184 sampel siswa kelas VIII dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan yaitu uji Korelasi Pearson (analisa bivariat) dan uji Statistic Multivariate Regression (analisa multivariat). Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku makan dengan prestasi belajar siswa dengan p value 0,866 > 0,05. Status gizi memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar (p value 0,049 < 0,05). Berdasarkan analisis multivariat terdapat hubungan yang signifikan anti belajar dan terdapat hubungan korelasi ara perilaku makan dan status gizi dengan prestasi belajar (p value 0,007< 0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat korelasi antara perilaku makan dengan presta belajar dan terdapat korelasi antara status gizi dengan prestasi belajar serta terdapat korelasi antara perilaku makan status gizi dengan prestasi belajar. Diharapkan pada para siswa agar dapat memperbaiki perilaku makan dan status gizi mereka sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar di sekolah.
Kata kunci: perilaku makan, status gizi, prestasi belajar
Abstract
Learning achievement is needed by student to investigate the ability fromcertain learning activity. Eating behavior and nutritious status are closely related to effort in improving students' learning achievement particularly with current students' aituation whichhave full day school. Problem statement of this research whether or not there is a correlation between students' eating behavior and nutritious status with students' learning achievement in full day school ini SMP Negeri 1 Kota Gorontalo. This research aims to investigate correlation between eating behavior and nutritious status with students' learning achievement in full day school. This is an analytical survey research with cross sectional research. Research samples are 184 students in class VIII determined by Purposive Sampling. Data are analyzed by test of Pearson Correlation (bivariate analysis) and test of Statistic Multivariate Regression (multivariate analysis). Research finding reveals that there is no correlation between eating behavior with students' learning achievement with p value 0,866 > 0,05. Nutritious status has significant correlation with learning achievement (p value 0,049 < 0,05). Based on multivariate analysis, there is significant correlation between eating behavior and nutritious status with learning achievement (p value 0,007 < 0,05). Thus, it can be concluded that there is no correlation between eating behaviour with learning achievement and there is correlation between nutritious status with learning achievment as well as there is correlation between eating behavior and nutrious status with learning achievement.The students' are expected to fix eating behavior and nutritious status thus they can improve learning achievement at school.
Keywords: Eating Behavior, Nutritious Status, Learning Achievement
Download berkas